Beberapa Kepala Sekolah Diobservasi Kinerjanya oleh Pengawas Dindikbud Pemalang? Ini Masalahnya

Ragil Surono - Kamis, 17 Oktober 2024 19:00 WIB
Beberapa Kepala Sekolah Diobservasi Kinerjanya oleh Pengawas Dindikbud Pemalang? Ini Masalahnya
istimewa
Beberapa Kepala Sekolah Diobservasi Kinerjanya oleh Pengawas Dindikbud Pemalang.
bulat.co.id - Pemalang| Pengawas pembina dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pemalang melakukan giat observasi kinerja terhadap beberapa kepala sekolah.

Advertisement
Pengawasan ini dimaksudkan untuk memberikan masukan dalam pengelolaan administrasi sekolah dan membimbing kepala sekolah dalam melaksanakan refleksi hasil-hasil yang dicapai serta melaksanakan bimbingan dan pelatihan, juga membantu melakukan kinerja kepala sekolah.

Baca Juga:

Agenda pelaksanaan observasi kinerja Kepala Sekolah oleh Pengawas dari Dindikbud Kabupaten Pemalang ini, dilaksanakan di tiga Sekolah Menengah Pertama, yaitu SMP Negeri 7, SMP Negeri 8 dan SMP Negeri 6 Pemalang, pada Kamis (17/10).

Pengawas pembina dari Dindikbud Kabupaten Pemalang Sarno, ketika dikonfirmasi pada saat melakukan observasi kinerja di SMP Negeri 6 mengatakan, bahwa terkait pelaksanaan observasi kinerja Kepala Sekolah dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan target perilaku misalnya, rapat dengan dewan guru, pertemuan dengan orang tua murid dan coaching dengan Gguru juga dapat melakukan mentoring dengan guru serta kegiatan lainnya.

"Jadi pada dasarnya kegiatan observasi kinerja terhadap Kepala Sekolah adalah untuk membantu masukan dalam pengelolaan administrasi sekolah dan membimbing Kepala Sekolah dalam melaksanakan refleksi hasil yang dicapainya," tutur Sarno.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, target dan perilaku Kepala Sekolah pada presentasi visi-misi satuan pendidikan terdapat beberapa tujuan, seperti target perilaku yang dianjurkan dan perilaku yang dihindari.

Perlu diingat bahwa pengawas akan fokus, pada observasi, menganalisis pada perilaku yang dianjurkan dan perilaku yang dihindari.

Ada delapan dimensi yang harus dipilih Kepala Sekolah dalam obsevasi kinerja kepala sekolah.

Halaman :

Warning: A non-numeric value encountered in /home/u729743767/domains/bulat.co.id/public_html/theme/detail.php on line 313
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru