Apakah Daerah Pemalang Erat Kaitannya Dengan Kerajaan Galuh Purba? Ini Penjelasanya

- Rabu, 05 April 2023 16:00 WIB
Apakah Daerah Pemalang Erat Kaitannya Dengan Kerajaan Galuh Purba? Ini Penjelasanya
bulat.co.id -Kerajaan tertua di Pulau Jawa Galuh Purba, disebut berada di wilayah sekitar lereng Gunung Slamet, dimana ada beberapa kabupaten yang termasuk dalam rentangan lereng Gunung Slamet tersebut, diantaranya Pemalang, Purbalingga, Tegal dan Brebes.


Advertisement


Kerajaan Galuh Purba, menurut berbagai referensi adalah induk dari kerajaan-kerajaan berikutnya di wilayah yang dulu disebut dengan Jawa Dwipa.

Baca Juga:



"Berdasarkan catatan Sejarawan Belanda W.J. Van Der Meulen dalam bukunya Indonesia di Ambang Sejarah, terbentuknya kerajaan pertama di Pulau Jawa bernama Galuh Purba pada abad pertama Masehi yang berpusat di lereng Gunung Slamet," ujar Gunanto Eko Saputro, pemerhati sejarah Purbalingga dalam Diskusi Historia Perwira dengan tema 'Galuh Purba : Kerajaan tertua di Jawa ada di Purbalingga?' di Kedai Pojok beberapa waktu lalu.



Sebagai informasi, Van Ser Meulen adalah seorang misionaris juga pendidik dengan keahlian di bidang filsafat dan sejarah. Ia merupakan pendiri Program Studi Sejarah Universitas Sanata Dharma.



Gunanto menambahkan dari riset Van der Meulen disebutkan para pendiri Kerajaan Galuh Purba merupakan pendatang yang berasal dari Kutai, Kalimantan Timur pada zaman pra Hindu.



Mereka masuk melalui Cirebon, lalu berpencar di pedalaman dan mengembangkan peradaban di sekitar Gunung Cermai, Gunung Slamet, dan Lembah Sungai Serayu.

Halaman :

Warning: A non-numeric value encountered in /home/u729743767/domains/bulat.co.id/public_html/theme/detail.php on line 313
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru