Misteri Bukit Mendelem, Simpan Sejarah Kabupaten Pemalang Ribuan Tahun Yang Lalu

- Selasa, 04 April 2023 09:00 WIB
Misteri Bukit Mendelem, Simpan Sejarah Kabupaten Pemalang Ribuan Tahun Yang Lalu
bulat.co.id -Berbagai silang pendapat di kalangan para pemerhati sejarah akan keberadaan Gunung Mendelem, yang terletak di Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, hingga kini terus bergulir. Berbagai kalangan terus menyuarakan pendapatnya masing-masing, akan tetapi hingga saat ini, keberadaan Gunung Mendelem, belum pernah diadakan penelitian secara resmi, entah karena alasan apa.


Advertisement

Salah satu pemerhati sejarah di Kabupaten Pemalang, Daryono (60) menuturkan jika Gunung Mendelem merupakan alur sejarah sebagai saksi peradaban, dimana tempat bersemayamnya Seorang Raja besar yang menjadi cikal bakal Raja-Raja di Pulau Jawa, yang makamnya berdampingan dengan makam istrinya.

Baca Juga:

Dua nama Mendelem dan Pemalang, yang masing-masing memiliki latar belakang sejarah sangat penting, dimana keduanya pernah mengukir kejayaan masa lalu kerajaan Pemalang.

Kerajaan Pemalang adalah termasuk cikal bakal raja-raja Jawa tertua yang ketujuh, dimana kerajaan tersebut diperintah oleh Prabu Rakai Panaraban, yang dinobatkan pada tahun 784 M atau 706 Caka.

Historia Vitae Magistra ( sejarah selalu menjadi guru terbaik ) dengan adanya bukit mendelem dan berbagai peninggalan aktifitas masyarakatnya, membuktikan bahwa suatu peradaban pernah terbangun yang turun temurun, Menjadi adat yang dipercaya oleh masyarakat bahwa bukit mendelem merupakan simbol peradaban nyata Kabupaten Pemalang dimasa lalu.

Halaman :

Warning: A non-numeric value encountered in /home/u729743767/domains/bulat.co.id/public_html/theme/detail.php on line 313
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru