Bupati Buka FGD Penyusunan Data Publikasi Tapsel Dalam Angka 2024

Suhut Gultom - Rabu, 07 Februari 2024 20:15 WIB
Bupati Buka FGD Penyusunan Data Publikasi Tapsel Dalam Angka 2024
Bupati Dolly saat menyampaikan pesan dan arahannya di giat FGD Penyusunan Data Publikasi Kabupaten Tapsel Dalam Angka 2024
bulat.co.id - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly P Pasaribu SPt MM mengatakan pentingnya kolaborasi untuk mewujudkan statistik berkualitas untuk Indonesia maju. Sehingga, Focus Group Discussion (FGD) penyusunan data publikasi Kabupaten Tapsel Dalam Angka 2024 mendapatkan data sektoral yang akurat dan berkualitas untuk akselerasi pembangunan.Halbitu disampaikan Bupati saat membuka FGD tersebut, di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Rabu (7/2/2024)

Advertisement
"Publikasi Tapsel Dalam Angka 2024 disusun dengan maksud untuk menyediakan informasi mengenai kondisi sosial ekonomi Kabupaten Tapsel yang berguna untuk Pemerintah Pusat dan Daerah, Akademisi, pihak Swasta dan juga Masyarakat secara keseluruhan," terang Dolly.

Baca Juga:
Lebih lanjut publikasi juga digunakan sebagai informasi dasar untuk pertimbangan pengambilan kebijakan dan keputusan serta evaluasi hasil pembangunan Kabupaten Tapsel sebagai informasi pendukung dalam berbagai penelitian.

Selain itu, untuk mencapai visi "Tapsel yang Maju Berbasis Sumber Daya Manusia Pembangun yang Unggul, Sehat, Cerdas, Sejahtera serta Sumber Daya Alam yang Produktif dan Lestari", diperlukan pembangunan yang merata, menyeluruh dan tepat sasaran, demi terwujudnya data yang berkualitas.

"Ada beberapa hal yang perlu saya tegaskan untuk meningkatkan kualitas data Kabupaten Tapsel Dalam Angka 2024 yakni seluruh OPD dan Instansi Vertikal, sebagai produsen data sektoral, untuk pro aktif dalam memberikan data yang berkualitas dan tepat waktu, lakukan diskusi dan konfirmasi kepada BPS Kabupaten Tapsel apabila ada tabel isian yang kurang jelas," tegas Dolly.

Melalui FGD ini, Bupati berharap ke BPS Tapsel sebagai pembina data statistik untuk melakukan pembinaan terhadap data-data statistik sektoral yang dihasilkan oleh OPD agar data-data tersebut sesuai dengan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) statistik.

Sementara, Ka BPS Tapsel Zainal Arifin mengatakan tujuan FGD antara lain sebagai sarana diskusi terhadap data-data yang telah disampaikan oleh OPD dan instansi ke BPS Tapsel.

"Dimana, sarana koordinasi dan komunikasi terhadap data-data sektoral yang akan ditampilkan dalam publikasi, kolaborasi OPD dan BPS daerah untuk perbaikan publikasi Tapsel dalam angka, serta mendukung sistem statistik nasional sesuai peraturan perundangan-undangan", ujar Zainal.

Usai Bupati Dolly memberikan penghargaan ke Dinas PMD kategori OPD tercepat pada pemenuhan data serta Dinas Pertanian sebagai OPD tercepat dan terbaik kategori jumlah tabel terbanyak pada pemenuhan data Dalam Angka Tahun 2024.

Turut hadir pada giat tersebut, Sekda Tapsel, Kasatlantas Polres Tapsel, para Pimpinan OPD, Instansi Vertikal serta Pejabat lainnya.

Editor
: Hadi Iswanto
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru