Pemkab Tapsel Dorong Budi Daya TOGA

Suhut Gultom - Minggu, 10 Desember 2023 08:00 WIB
Pemkab Tapsel Dorong Budi Daya TOGA
Salah satu TOGA Kebun PKK di Desa binaan Gunung Baringin Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapsel.
bulat.co.id -Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) bersama TP PKK terus mendorong budi daya Tanaman Obat Keluarga (TOGA) agar bisa berkembang di wilayah Tapsel.

Manfaat TOGA bagi keluarga cukup banyak, makanya patut untuk dikembangkan, demikian hal dikatakan Kadis Kesehatan Tapsel dr Rudi Iskandar MKes saat dihubungi wartawan via telepon selulernya, Sabtu (9/12/2023) sore

Advertisement

Dari sisi kesehatan, lanjut Rudi, TOGA berkhasiat nyata dalam tubuh dan tidak terindikasi bahan-bahan kimia juga mudah untuk didapatkan dan harganya murah dibanding obat-obatan lainnya.

Baca Juga:

"Selain itu TOGA juga dapat menambah pendapatan keluarga dengan cara menjual kepada warga yang membutuhkannya," sebutnya.

Rudi menambahkan, adapun jenis tanaman TOGA yang sering dibudidayakan di Tapsel seperti tanaman, temu lawak, jahe, kunyit, kumis kucing, kencur, serai, lengkuas, lidah buaya, jeruk nipis, daun mint, mengkudu, kayu manis, dan seledri.

"Semisal, jahe mengobati masuk angin, sakit kepala, sakit perut. Kunyit mengobati peradangan, nyeri haid dan kulit gatal gatal. Kencur menurunkan tekanan darah, perut kembung dan diare. Kumis kucing bisa mengurangi saluran infeksi saluran kencing," ujar Rudi.

"Dimana, Pemkab Tapsel bersama TP PKK pro aktif mengajak masyarakat khususnya TPPKK Desa/ Kelurahan se-Tapsel agar terus secara berkesinambungan untuk memaksimalkan manfaat TOGA sebagai obat tradisional," ucapnya.

Menurut Rudi, kolaborasi aktif berbagai stakeholder sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan program TOGA ini. Seperti bekerjasama dengan TPPKK Kabupaten, Kecamatan hingga tingkat Lurah dan Desa.

"Organisasi wanita seperti Bhayangkari, Persit, Pengajian dan peranan anak muda, Karang Taruna, anak-anak sekolah yang lagi PKL juga diharap perannya untuk pengembangan TOGA ini," harapnya.

Dikatakan Rudi, pihaknya salut dan mengapresiasi tingginya atensi dan partisipasi Ketua TPPKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu yang terus mensosialisasikan program TOGA ke desa-desa di Kabupaten Tapsel agar terlaksana dengan baik dan termasuk juga soal bibitnya, kata Rudi.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru