Pjs. Bupati Sergai Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024 yang Aman dan Damai

Yusnar - Rabu, 09 Oktober 2024 14:00 WIB
Pjs. Bupati Sergai Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024 yang Aman dan Damai
istimewa
Pjs. Bupati Sergai Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024 yang Aman dan Damai
bulat.co.id - Pjs. Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Parlindungan Pane, SH, M.Si, menegaskan pentingnya peran serta seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan damai.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Harmonisasi Pilkada Damai dengan tema Peran Serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam Rangka Meningkatkan Kerukunan dalam Kondusivitas Pilkada Damai yang digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, pada Rabu (9/10/2024).

Advertisement

Dalam sambutannya, Parlindungan Pane menyebut tahun 2024 sebagai momen politik penting dengan diselenggarakannya serangkaian pemilihan umum secara serentak, mulai dari Pemilu Presiden hingga Pilkada.

Baca Juga:

"Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting karena diselenggarakannya pesta demokrasi mulai dari pemilihan Presiden, Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD, hingga nanti pada November kita akan mengikuti Pilkada. Ini pekerjaan besar yang akan menentukan masa depan bangsa dan negara kita," ungkapnya.

Ia menekankan bahwa meski tidak mudah, penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang memiliki wilayah luas dan beragam memerlukan sinergi serta kerja sama dari seluruh pihak.

"Tugas kita adalah memastikan Pilkada berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Saya mengajak kita semua untuk merapatkan barisan, bekerja sama, dan berkolaborasi demi kesuksesan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Sergai," ujar Pjs. Bupati Sergai.

Lebih lanjut, Parlindungan Pane menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Pemilu 2024 yang berjalan dengan baik di Tanah Bertuah Negeri Beradat, dan mengajak semua pihak untuk terus melakukan perbaikan dalam mempersiapkan Pilkada.

"Dengan pengalaman yang kita miliki dalam penyelenggaraan pemilu sebelumnya, saya yakin kita bisa membuat Pilkada tahun ini lebih baik. Mari kita manfaatkan sisa waktu yang ada untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan, mengatasi kendala, dan meningkatkan partisipasi masyarakat melalui sosialisasi," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, dirinya juga mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh FKUB Sergai. Ia menilai kegiatan ini sangat relevan dalam upaya menjaga kerukunan di tengah masyarakat yang majemuk, terutama dalam menghadapi tantangan di masa Pilkada.

"Keragaman kita sering kali diuji dalam proses demokrasi seperti Pilkada. Melalui kegiatan FKUB ini, kita berharap dapat memperkokoh komitmen bersama untuk menjaga persatuan dan kesatuan, serta mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan harmonis," katanya.

Parlindungan berharap melalui sinergi seluruh elemen masyarakat, Pilkada di Sergai bisa mencerminkan suasana yang aman dan damai, serta memperlihatkan keharmonisan antarumat beragama.

"Marilah kita menjaga dan merawat kerukunan di tengah perbedaan. Apa yang kita upayakan hari ini akan menjadi landasan bagi terciptanya masyarakat Sergai yang rukun, damai, dan sejahtera," tambahnya.

Sebagai penutup, Parlindungan Pane mengajak masyarakat, termasuk para pelajar SMA dan SMK sebagai pemilih pemula untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024.

"Mari kita tunjukkan semangat dan partisipasi aktif dengan mendatangi TPS yang telah disiapkan dalam suasana yang tenteram, aman, dan damai," pungkasnya.

Acara kali ini juga dirangkaikan dengan penyerahan cendramata oleh Ketua FKUB Sergai H. Khoya Bakri Samosir S.Pd, M.Pd, kepada unsur Forkopimda Kabupaten Sergai.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah pihak di antaranya Kapolres Sergai AKBP Jhon Sitepu, SIK, MH, mewakili Dandim 0204/DS Kapten Inf Muzakir, Kajari Sergai Rufina Ginting, SH, MH, Kakan Kemenag Sergai H. Azrul Aswan Sirait, S.HI, MM, Ketua Pengadilan Agama Sei Rampah Sarifuddin, SHI, MH, Ketua KPU Sergai Agusly Matondang, Ketua MUI Sergai Drs. H. Aspul Husnain, SH, Ketua Pengadilan Negri Sergai M. Sacral Ritonga, SH, MH, Pj. Sekdakab Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, para Asisten, Staf Ahli, sejumlah Kepala OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Halaman :
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru