Perdana Pimpin Apel Gabungan, Pjs. Bupati Sergai Tekankan Netralitas ASN Jelang Pilkada

Yusnar - Senin, 30 September 2024 14:00 WIB
Perdana Pimpin Apel Gabungan, Pjs. Bupati Sergai Tekankan Netralitas ASN Jelang Pilkada
istimewa
Perdana Pimpin Apel Gabungan, Pjs. Bupati Sergai Tekankan Netralitas ASN Jelang Pilkada
bulat.co.id - Meski diguyur hujan, apel gabungan ASN dan tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) tetap berlangsung khidmat di halaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (30/9/2024).

Advertisement

Apel kali ini terasa istimewa karena untuk pertama kalinya dipimpin oleh Penjabat Sementara (Pjs.) Bupati Sergai H. Parlindungan Pane, SH, M.Si. Sebelum naik ke podium, Pjs. Bupati Sergai dan Pjs. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sergai Ny. Ainun Mardiah Parlindungan Pane, menerima sambutan kehormatan berupa pemakaian songket khas Melayu.

Baca Juga:

Apel yang dikomandani oleh Kabag Organisasi Romian P Siagian, S.STP, M.Si, juga diikuti sejumlah pejabat, antara lain Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, para asisten, staf ahli, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta pegawai negeri sipil (PNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan tenaga honorer.

Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Sergai menekankan pentingnya peran ASN dalam menjaga netralitas dan keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 27 November 2024.

"ASN memiliki peran strategis dalam memastikan kelancaran Pilkada, khususnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Kita harus menjaga netralitas ASN selama pelaksanaan Pilkada ini. Saya diberi amanah sebagai Pjs. Bupati Sergai selama kurang lebih 60 hari, dan dalam periode ini, saya akan menjalankan lima arahan dari Mendagri dan Pj. Gubernur Sumatera Utara," ujar Parlindungan.

Lima arahan tersebut, lanjutnya, meliputi: memimpin urusan pemerintahan daerah sesuai peraturan, menjaga ketertiban masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada dengan menjaga netralitas ASN, membahas dan menandatangani Perda setelah mendapat persetujuan Mendagri, serta mengisi posisi pejabat sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu, Pjs. Bupati juga menekankan pentingnya koordinasi antar instansi dan elemen masyarakat untuk menjaga situasi keamanan yang kondusif selama masa kampanye hingga pelaksanaan Pilkada.

"Koordinasi melalui Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan terus dilakukan demi menjaga stabilitas politik dan keamanan di Kabupaten Sergai," jelasnya.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru