Bupati Sergai Resmikan Unit Pengolahan Ikan Skala Mikro di Desa Paya Lombang

Yusnar - Rabu, 04 September 2024 21:48 WIB
Bupati Sergai Resmikan Unit Pengolahan Ikan Skala Mikro di Desa Paya Lombang
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya meresmikan Unit Pengolahan Ikan Skala Mikro dan Kecil Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan (Poklahsar) "Lele Asap Sumatera" di Desa Paya Lombang, Kecamatan Tebing Tinggi.
bulat.co.id - SERGAI | Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya meresmikan Unit Pengolahan Ikan Skala Mikro dan Kecil Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan (Poklahsar) "Lele Asap Sumatera" di Desa Paya Lombang, Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (4/9/2024).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan harapannya bahwa kehadiran UMKM seperti Poklahsar ini akan mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian lokal.

Advertisement

"Dengan berdirinya dan berkembangnya UMKM di Sergai, kita secara otomatis menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Baca Juga:

Peresmian unit pengolahan ikan ini diharapkan oleh Bupati bisa menjadi langkah awal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM di sektor perikanan, sekaligus menjadi contoh nyata keberhasilan kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam mendorong kemajuan ekonomi lokal.

Darma Wijaya juga menekankan bahwa memulai usaha tidak selalu memerlukan modal besar.

"Usaha bisa dimulai dari nol, dengan semangat, tekad kuat, dan keseriusan untuk mengembangkan bisnis kita. Yang terpenting adalah kemauan untuk memulai. Tanpa langkah pertama, kita tidak akan pernah tahu hasil apa yang bisa kita capai," lanjutnya.

Di momen serupa dirinya turut memberikan motivasi kepada generasi muda untuk tidak ragu dalam memulai usaha.

"Jangan takut untuk memulai. Inovasi dan peningkatan kualitas produk adalah kunci agar UMKM kita bisa bersaing dengan produk lainnya. Dengan menjaga mutu, kita dapat memastikan produk kita tetap kompetitif di pasar," pesan Darma Wijaya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perikanan Sergai Dr. Claudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan Unit Pengolahan Ikan Skala Mikro dan Kecil di Kabupaten Sergai.

"Optimalisasi produksi usaha hasil perikanan melalui rehabilitasi fisik unit pengolahan ikan diharapkan dapat membantu UMKM dalam meningkatkan proses pengolahan perikanan dengan penerapan teknologi yang sesuai standar kelayakan," jelasnya.

Claudia juga menyampaikan harapannya agar upaya ini mampu mendorong UMKM di bidang perikanan untuk terus berkembang dan naik kelas.

"Dengan adanya unit pengolahan yang telah direhabilitasi, kami berharap UMKM di Sergai bisa lebih produktif dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas," tambahnya.

Acara peresmian ini turut dihadiri oleh anggota DPRD Sergai Sugiatik dan Togar Situmorang, Camat Tebing Tinggi Sukma Permana, S.STP, M.Si, serta para Kepala Desa dan tokoh masyarakat dari Kecamatan Tebing Tinggi.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru