Kajari Sergai Rufina Ginting Pimpin Upacara Peringati Hari Lahir Kejaksaan RI ke-79

Yusnar - Senin, 02 September 2024 16:30 WIB
Kajari Sergai Rufina Ginting Pimpin Upacara Peringati Hari Lahir Kejaksaan RI ke-79
Foto: Kejaksaan Negeri Sergai menggelar Upacara Peringati Hari Lahir Kejaksaan RI ke-79.
bulat.co.id - SERGAI | Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar upacara memperingati Hari Lahir Kejaksaan RI Ke-79 Tahun 2024, Senin (2/9).

Upacara dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai, Rufina Ginting, S.H., M.H. dan Kepala Seksi Intelijen, Romel Tarigan, S.H. selaku Komandan Upacara.

Advertisement

Demikian disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai, Rufina Ginting, S.H., M.H. melalui Kepala Seksi Intelijen Romel Tarigan,SH kepada wartawan di Sei Rampah.

Baca Juga:

Menurut Kasi Intelijen Romel Tarigan, bahwa rangkaian kegiatan dimulai dengan Inspektur Upacara memasuki tempat Upacara, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, menyanyikan Mars Korps Adhyaksa, penghormatan umum kepada Inspektur Upacara yang dipimpin oleh Komandan Upacara, laporan Komandan Upacara, mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara, pengucapan Tri Krama Adhyaksa tanpa diikuti oleh seluruh peserta upacara, amanat Inspektur Upacara, pembacaan Doa, laporan Komandan Upacara, penghormatan umum kepada Inspektur Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara, Inspektur Upacara berkenan meninggalkan tempat upacara, Komandan Upacara membubarkan barisan, dan Upacara Selesai.

"Bahwa pada Upacara memperingati Hari Lahir Kejaksaan RI Ke-79 Tahun 2024 turut diikuti oleh para Kepala Seksi dan Kepala Sub Bagian Pembinaan Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai, Kasubsi, Jaksa Fungsional, Pegawai, honorer,"ujarnya.

Dalam amanat Inspektur Upacara, Kepala Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai, Rufina Ginting membacakan Amanat Jaksa Agung Republik Indonesia pada Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan RI Ke-79 Tahun 2024 yang pada intinya, marilah kita Bersama-sama mengucapkan Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin seraya memanjatkan puji dan syukur atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya, hingga kita dapat berkumpul dan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024.

Tepat pada hari ini, 79 (tujuh puluh sembilan) tahun yang lalu, saat negara Indonesia baru 15 (lima belas) hari memproklamasikan kemerdekaannya, institusi yang kita cintai ini dilahirkan.

Dilantiknya Meester de Rechten Gatot Taroenamihardja, sebagai Jaksa Agung pertama bersama dengan pembentukan Kabinet Presidensial pertama di Indonesia, menandai dimulainya peran Jaksa Agung dan Kejaksaan dalam mempertahankan kedaulatan hukum Indonesia, paparnya.

Lanjut Kajari, penentuan Hari Lahir Kejaksaan pada tanggal 2 September 1945 memiliki urgensi diantaranya :

Pertama, menegaskan keberadaan Kejaksaan sebagai lembaga yang berdiri sejak awal kemerdekaan.

Kedua, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penegakan hukum.

Ketiga, memperkuat soliditas dan semangat kebersamaan di kalangan insan Adhyaksa.

Keempat, mewujudkan komitmen Kejaksaan bahwa Kejaksaan dilahirkan untuk terus memberikan 5 pelayanan terbaik dan selalu hadir di tengah masyarakat melalui penegakan hukum yang berkeadilan, paparnya.

Diakhir amanatnya Rufina Ginting mengatakan, pada peringatan Hari Lahir Kejaksaan ke-79 ini, kita mengangkat tema "Hari Lahir Kejaksaan sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat Generaal". Tema besar ini mencerminkan komitmen kita dalam menjaga kedaulatan hukum dan peran sebagai Advocaat Generaal.

"Selamat Hari Lahir Kejaksaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024. Teriring doa dan harapan, semoga Korps Adhyaksa semakin baik, tangguh, dan jaya," tutup Kajari Rufina Ginting.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru