Bersama Kepala Daerah Se-Indonesia, Bupati Sergai Rapat dengan Presiden di IKN

Yusnar - Rabu, 14 Agustus 2024 18:02 WIB
Bersama Kepala Daerah Se-Indonesia, Bupati Sergai  Rapat dengan Presiden di IKN
istimewa
Bersama Kepala Daerah Se-Indonesia, Bupati Sergai Rapat dengan Presiden di IKN.

"Selain itu, kehadiran para kepala daerah di IKN juga memberikan kesempatan bagi kami untuk melihat langsung perkembangan pembangunan ibu kota baru. Hal ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kami dalam membangun daerah masing-masing," pungkasnya.

Advertisement

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam laporannya kepada Presiden Jokowi menyampaikan jika rapat di IKN ini dihadiri langsung oleh 517 pimpinan daerah.

Baca Juga:

"Rinciannya 38 gubernur, 93 wali kota, dan 386 bupati, baik penjabat maupun yang definitif. Sedangkan kepala daerah yang berhalangan hadir adalah sebanyak 35 orang," imbuhnya.

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo menjelaskan IKN dibangun bukan hanya sebagai pusat pemerintahan baru, tetapi juga sebagai contoh kota masa depan yang dirancang dengan konsep forest city—kota yang didominasi oleh lingkungan hijau, bukan beton dan kaca.

Presiden pun mengajak para kepala daerah untuk meniru dan menerapkan konsep serupa di daerah mereka masing-masing.

Presiden menekankan pentingnya perencanaan jangka panjang yang matang dan terperinci, meskipun tidak selesai dalam satu periode kepemimpinan.

"Saya kira di semua provinsi, kabupaten, dan kota bisa merencanakan, mengonsep kotanya itu ingin dijadikan kota apa," ujar Presiden.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru