Jika Terpilih Jadi Bupati, Harun-Ichwan Targetkan Desa Mandiri 

Reza - Selasa, 08 Oktober 2024 15:30 WIB
Jika Terpilih Jadi Bupati, Harun-Ichwan Targetkan Desa Mandiri 
Calon Bupati Madina, Harun Mustafa Nasution
bulat.co.id -MADINA I Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mandailing Natal nomor urut 1 menargetkan desa mandiri, jika mereka dipercaya oleh masyarakat Madina.

Advertisement

Hal ini disampaikan Harun-Ichwan dan dicantumkan dalam visi-misi yang mereka sampaikan ke KPU ketika mendaftar kemarin.

Baca Juga:

Harun Mustafa Nasution menjelaskan bahwa ketika terpilih nanti akan berupaya membentuk Desa Mandiri. Adanya dana desa menjadi alasan Harun Mustafa Nasution menjadikan desa menjadi desa mandiri.

"Tujuan dana desa itukan jelas untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, pelayanan masyarakat, pendapatan desa dan mendukung pembangunan infrastruktur desa. Jadi desa mandiri itu harus memang diciptakan dengan dorongan Pemerintah daerah serta pembinaan yang berkesinambungan," kata Harun Mustafa Nasution, Selasa (8/10/2024).



Harun juga menjelaskan, dalam membentuk desa mandiri harus melalui proses tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBD dan APBDes tepat waktu.

Serta sesuai ketentuan dan jadwal yang diatur perundang undangan. Dia pun menjelaskan Program Desa Mandiri ini juga sebagai target besar Pemerintahan Prabowo kedepan sesuai dengan Visi dan Misi beliau saat mencalonkan jadi Presiden.

Kemudian jelas Harun, Mendorong Pemerintahan Desa untuk melakukan kegiatan yang bersifat pemberdayaan perekonomian masyarakat melalui Bumdes. Pihaknya juga akan memastikan otonomi daerah berjalan pada sitem Pemerintahan Desa dan melakukan review terhadap RKPDes dan RKPD pada proses perencanaan.

Untuk mendukung SDM pemerintahan desa, apabila terpilih nanti Pemerintah daerah jelas Harun juga akan menyelesaikan pembangunan jaringan informatika dan jaringan Siskeudes.

"Kabupaten Madina ada 377 Desa. Dengan adanya dana desa, harusnya desa sudah mampu mandiri. Dalam dana desa itu tercantum untuk biaya pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, perkuatan partisipasi dan demokrasi desa, serta operasional pemerintahan desa. Bukan untuk digunakan kegiatan politik atau kegiatan melawan hukum," tegas Harun.

Ia berharap, untuk mencapai target ini, Masyarakat Desa mendukung dan memilih nya pada pencoblosan di tanggal 27 November depan ini sehingga target Desa Mandiri bisa tercapai demi mensejahterakan desa sesuai target Pemerintah Pusat dalam menggelontorkan dana desa dan tentu hal ini juga untuk mengawal kebijakan Presiden Prabowo dalam mencapai target Desa Mandiri sehingga ke depan Dana Desa diharapkan bisa bertambah dari sebelumnya.

Halaman :
Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru