Satu-satunya Harapan Kempo yang Tersisa Telah "Dipulangkan" Juga

Ven Darung - Senin, 02 September 2024 17:01 WIB
Satu-satunya Harapan Kempo yang Tersisa Telah "Dipulangkan" Juga
istimewa
Mantan ketua DPRD Manggarai Barat, Marten Mitar.
bulat.co.id - Tidak terpilihnya lagi Marten Mitar menempati posisi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah [DPRD] kabupaten Manggarai Barat periode 2024 - 2029 dinilai pupusnya harapan orang Kempo yang mengisi jabatan stategis di birokrasi kabupaten Manggarai Barat.

Lorens Logam, salah satu pemerhati kebijakan publik di daerah itu mengatakan sikap Partai Nasdem Manggarai Barat yang menggeser Marten Mitar, berpotensi meresahkan orang Kempo.

Advertisement

"Saya melihat situasi ini dari sudut yang berbeda, ini bukan perkara MM digeser, dilengserkan atau apapun narasinya. Ini perkara besar, orang-orang dibelakang MM sangat marah dan geram. Poin petingnya, orang-orang wilayah Kempo tidak diperhitungkan lagi dalam catur politik Manggarai Barat. Mereka merasa dipojokkan dan dikerdilkan, karena bagaimanapun, Marten Mitar adalah icon Kempo (Dapil 1) dalam level politik Mabar," kata Logam.

Baca Juga:

Logam juga menyayangkan proses yang karena akan berimbas kepada konflik eksternal.

"Dengan ditendangnya MM dari kursi ketua DPRD, sebetulnya saya tidak terkejut. Yang membuat saya terkejut itu karena prosesnya yang lebih cepat. Ini perjudian politik yang penuh resiko, tidak hanya memicu konflik internal saja tetapi juga memicu terjadinya konflik eksternal bahkan bisa menimbulkan butterfly effect," jelas Logam

Logam juga menepis soal status ketua sementara.

"Tidak ada itu istilah ketua sementara, ini hanya isu untuk menutupi ruang kemarahan publik dapil satu umumnya," katanya.

"Dari sisi politik YW layak jadi ketua DPRD, mengingat kontribusinya sangat besar ketimbang kader - kader lain, berikutnya YW punya acses network yang sangat kuat dengan elite di DPP, ini posisi yang strategis," pungkasnya.

Posisi Marten Mitar diganti oleh Yopie Widiyanti.

Yopi Widyanti adalah anggota DPRD dari daerah pemilihan Manggarai Barat tiga yang meliputi kecamatan Welak, Lembor dan Lembor Selatan.

Keterpilihannya Yopi Widyanti yang juga ketua DPD partai NasDem itu disampaikan dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah / Janji bagi 29 Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat terpilih untuk masa jabatan 2024 – 2029.

Yopie menggantikan sesama politisi NasDem lainnya, Marten Mitar. Sementara kursi wakil ketua DPRD sementara diisi Rikardus Jani dari Partai Demokrat.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru