Pilkada 2024

Deretan Artis yang Maju Pilkada 2024 Usai Gagal Nyaleg

Redaksi - Sabtu, 31 Agustus 2024 10:35 WIB
Deretan Artis yang Maju Pilkada 2024 Usai Gagal Nyaleg
Istimewa
bulat.co.id - MEDAN- 10 selebriti tanah air yang gagal meraih kursi legislatif kini ikut meramaikan Pilkada serentak 2024 dengan menjadi kontestan.

Selebritas yang maju Pilkada 2024 mendaftar sebagai bakal calon bupati, wakil bupati, calon wali kota, dan calon wakil gubernur.

Advertisement

Siapa saja 10 artis itu? Yuk simak.

Baca Juga:

1. Gilang Dirga

Presenter Gilang Dirgahari atau Gilang Dirga mendampingi Didik Agus Triwiyono maju dalam Pilbup Kabupaten Bandung Barat 2024. Gilang Dirga menjadi calon Wakil Bupati dan Didik Agus Triwiyono menjadi calon Bupati Kabupaten Bandung Barat.

Paslon Cabup dan Cawabup ini diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Mereka resmi mendaftar dan maju Pilbup Kabupaten Bandung Barat 2024 ke KPU pada Rabu (28/8/2024) dengan bergaya ala Dilan.

Sebelumnya, Gilang Dirga pada tahun ini juga gagal menjadi anggota DPR RI. Gilang Dirga menjadi calon legislatif (caleg) DPR RI Dapil DKI Jakarta I dari Partai Pembangunan Persatuan (PPP).

Gilang Dirga yang ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pada Selasa (20/2/2024) mengatakan tak ada suara yang sia-sia. Dia mengaku menerapkan ilmu ikhlas menghadapi kegagalannya.

2. Kris Dayanti

Kris Dayanti maju maju dan resmi mendaftar dalam Pilwalkot Batu 2024. Diusung Partai Demokrasi Perjuangan (PDI), mertua Atta Halilintar ini menjadi calon Wali Kota Batu didampingi oleh Kresna Dewanata (Dewa) sebagai calon Wakil Wali Kotanya.

Penyanyi yang akrab disapa KD ini maju atas rekomendasi langsung dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Tahun ini, istri Raul Lemos itu nggak lolos menjadi caleg terpilih dalam Pemilu 2024. KD diketahui menjadi caleg DPR RI Dapil Jatim V dari PDI-P. Padahal dalam Pileg 2019 lalu, Kris Dayanti lolos dengan suara tertinggi untuk Dapil Jatim V.


3. Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo tampaknya maju terus pantang mundur. Dia maju dan mendaftar sebagai calon Bupati Pemalang pada Pilbup Pemalang 2024. Vicky Prasetyo maju diusung PKB dan didampingi oleh Mochamad Suwendi yang merupakan Kepala Desa Dukuhwringin, Kabupaten Tegal, sebagai calon Wakil Bupatinya.

Vicky Prasetyo tahun. ini juga gagal menjadi caleg terpilih untuk DPR RI Dapil Jawa Barat VI dari Partai Perindo.

4. Ali Syakieb

Pesinetron Ali Syakieb boleh gagal dalam Pileg 2024. Namun, kini dia maju dalam Pilbub Kabupaten Bandung 2024.

Ali Syakieb menjadi calon Wakil Bupati mendampingi Dadang Supriatna sebagai calon Bupati Kabupaten Bandung. Pasangan ini diusung oleh 13 partai politik, yakni PKB, Gerindra, NasDem, Demokrat, PAN, dan PDI Perjuangan, serta didukung oleh delapan partai nonparlemen.

Adik Nabila Sayakieb ini, pada Pileg 2024 juga menjadi caleg DPR RI Dapil Jabar XI dari PDIP.

5. Ramzi

Ramzi tanpa gembar-gembor maju Pilbup Cianjur 2024. Dia menjadi calon Wakil Bupati mendampingi Mohammad Wahyu Ferdian sebagai calon Bupati Cianjur 2024.

Selama ini, Ramzi tak pernah gembar-gembor soal pencalonan dirinya menjadi wakil bupati Cianjur. Ramzi sebelumnya gagal menjadi anggota DPR RI. Ramzi menjadi caleg dari partai NasDem untuk Dapil Jabar V.

Ramzi resmi ikut Pilbup Cianjur mendampingi Mohammad Wahyu Ferdian dan mendaftar ke KPU pada 28 Agustus 2024. Mohammad Wahyu Ferdian diusung oleh partai Gerindra dan Ramzi diusung oleh NasDem.


6. Hengky Kurniawan

Hengky Kurniawan yang tahun ini gagal dalam Pileg 2024, maju dalam Pilbup Kabupaten Bandung Barat 2024, berhadapan dengan Gilang Dirga dan Jeje Ritchie Ismail.

Hengky Kurniawan sebagai calon Bupati Kabupaten Bandung Barat didampingi oleh Ade Sudrajat sebagai calon Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat.

Hengky tahun ini gagal berkantor di Senayan sebagai caleg DPR RI Dapil Jawa Barat II dari PDIP.

7. Gita KDI

Pedangdut Gita KDI tahun ini gagal menjadi anggota legislatif DPR RI. Pada Pileg 2024, Baiq Pebili Yasni alias Gita KDI menjadi caleg Dapil Jawa Tengah I dari Partai Perindo.

Semalam, Gita KDI baru semalam mendeklarasikan dan mendaftar dalam Pilgub Jawa Barat. Gita menjadi calon Wakil Gubernur mendampingi Acep Adang Ruhiyat sebagai calon Gubernur Jawa Barat yang diusung PKB.

8. Ronal Surapradja

Secara mengejutkan pada detik-detik akhir pendaftaran di KPU semalam, Ronal Surapradja mendaftar dalam Pilgub Jawa Barat.

PDIP mengusung Jeje Wiradinata sebagai calon Gubernur dan Ronal Surapradja sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono tiba di KPU Jabar untuk pendaftaran paslon ini, Kamis (29/8/2024) malam.

Jeje merupakan mantan Bupati Pangandaran. Sedangkan, Ronal Surapradja tahun menjadi caleg DPR RI Dapil Jawa Barat XI dari PDIP.

9.⁠ ⁠Vicky Shu

Penyanyi Vicky Shu kembali berjuang untuk bisa mengabdi kepada rakyat. Dua kali gagal jadi anggota dewan tak meruntuhkan semangatnya.

Dalam Pilkada 2024, Vicky Shu menjadi calon Wakil Bupati mendampingi calon Bupati Cilacap Awaluddin Muuri. Pasangan ini resmi mendaftar ke KPU Cilacap, Kamis (29/8/2024).

Awaluddin Muuri dan Vicky Shu diusung oleh tiga partai politik, yaitu Partai Gerindra, NasDem, dan PPP. Usai mendaftar, Vicky Shu mengungkapkan alasannya maju dalam Pilbup Cilacap 2024.

"Motivasi saya maju di pemilihan kepala daerah adalah cita-cita saya sejak kecil untuk memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Cilacap ini. Dan itu sudah saya dedikasikan bahkan di pekerjaan saya sebelumnya," kata Vicky Shu dilansir dari detikJateng, Kamis (29/8/2024).

"Tidak hanya sebagai seorang penyanyi, bahkan dalam industri kreatif saya selalu membawa nama Cilacap, baik di ranah nasional maupun internasional. Ketika saya terpilih saya akan fokus melayani masyarakat," jelasnya dan diakhiri dengan janji akan fokus melayani masyarakat bila terpilih.

Perempuan yang mempunyai gelar Miss Indonesia Jawa Tengah 2007 dua kali gagal jadi anggota dewan. Pada 2019 menjadi caleg DPR RI untuk Dapil Jawa Tengah VIII dari partai NasDem. Pada 2024, Vicky Shu mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Provinsi Jawa Tengah.

10. Jeje Ritchie Ismail

Jeje Ritchie Ismail atau Jeje Govinda maju dalam Pilbup Kabupaten Bandung Barat. Suami Syahnaz Sadiqah itu ditemani istri juga dua kakak iparnya, yakni Nagita Slavina dan Nisya Ahmad.

Jeje sudah dua kali ditinggal pasangan nyalon sebelum sampai pada deklarasi dan pendaftaran ke KPU. Akhirnya Jeje maju Pilbup Kabupaten Bandung Barat sebagai calon Bupati didampingi oleh Asep Ismail sebagai calon Wakil Bupatinya.

Ipar Raffi Ahmad itu, maju dengan diusung partai PAN dan Gerindra.

Pada tahun ini, untuk pertama kalinya Jeje yang juga dikenal sebagai drummer Govinda itu maju menjadi caleg. Dia menjadi caleg DPR RI untuk Dapil Jabar II dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Artikel: detik

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru