Pesan PJ Walikota Untuk 79 Anggota PKD, Harus Punya Integritas dan Kompetensi Serta Mampu Berkolaborasi

Suhut Gultom - Senin, 03 Juni 2024 08:00 WIB
Pesan PJ Walikota Untuk 79 Anggota PKD, Harus Punya Integritas dan Kompetensi Serta Mampu Berkolaborasi
Suhut Gultom
Suasana pada pengambilan ikrar sumpah/janji PKD Kota Padangsidimpuan juga terdapat pada keterangan gambar.
bulat.co.id -Dalam sebuah sistem pemerintahan, pengawasan merupakan hal penting untuk memastikan bahwa program dan kebijakan yang dijalankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta kepentingan warga diutamakan.

Oleh karena itu, PJ Walikota Padang Sidempuan, Dr H Letnan Dalimunthe SKM MKes memberikan pesan kepada 79 anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) terpilih untuk memiliki integritas dan kompetensi, serta mampu melakukan kolaborasi.

Advertisement

Dalam acara pengambilan ikrar dan pembekalan yang dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Iswan Nagabe Lubis, PJ Walikota Padang Sidempuan menekankan bahwa PKD memiliki peran strategis dalam sistem pemerintahan.

Baca Juga:

PKD harus dapat memastikan bahwa program dan kebijakan dalam berbagai kegiatan pemerintahan dilakukan di tingkat Kelurahan dan Desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


Iswan Nagabe Lubis menjelaskan bahwa pengawasan yang efektif akan mendorong transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam pemerintahan.

Selain itu, PKD juga harus memiliki nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan profesionalisme yang tinggi, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam bidang administrasi pemerintahan dan regulasi yang berlaku sehingga dapat mengidentifikasi masalah dengan cepat dan mencari solusi yang efektif.

Ketua Bawaslu Kota Padangsidimpuan, Ratno Afandi Sihotang, juga memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Ia menyampaikan bahwa PKD merupakan ujung tombak dari Bawaslu di tingkat Kelurahan atau Desa masing-masing.

Selain itu, PKD juga merupakan garda terdepan dalam menjaga demokrasi dengan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik dengan semua pihak di Kelurahan atau Desa masing-masing.

Dalam acara tersebut, juga hadir Ketua KPU Tagor Dumora, Kaban Kesbangpol Muhammad Erwin Nasution, serta pejabat dan undangan lainnya.

Semua pihak yang hadir menyampaikan harapan dan dukungan kepada PKD yang baru diambil ikrar sumpah/janjinya.

Pesan dari PJ Walikota Padang Sidempuan dan para pemimpin lainnya menunjukkan bahwa PKD memiliki peran penting dalam menjaga keberlangsungan sistem pemerintahan dan kepentingan warga.

Oleh karena itu, penting bagi para anggota PKD untuk memiliki integritas, kompetensi, dan mampu melakukan kolaborasi dengan baik.

Jika PKD mampu menjalankan tugas dengan baik, maka akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan sistem pemerintahan dan kemajuan daerah.

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru