Hoax Obrolan Anies-Surya Paloh yang Viral, Ini Produk AI yang Tiru Suara Orang

Hadi Iswanto - Selasa, 23 Januari 2024 16:07 WIB
Hoax Obrolan Anies-Surya Paloh yang Viral, Ini Produk AI yang Tiru Suara Orang
ilustrasi artificial intellegent atau AI
bulat.co.id - Rekaman suara percakapan Ketua Partai NasDem, Surya Paloh yang sedang memarahi Capres nomor urut 1, Anies Baswedan viral di media sosial TikTok. Kuat dugaan, rekaman ini hasil rekayasa produk kecerdasan buatan atau artificial intellegent atau AI.Rekaman itu sudah dipastikan hoax oleh Kominfo. Begitu juga dengan partai NasDem melalui akun X @NasDem, mereka menyatakan bahwa rekaman suara tersebut merupakan rekaman palsu.

Advertisement
"Waspada Hoax ya kakak-kakak semua. Beredar video suara rekaman palsu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Capres 01 Anies Baswedan. Sekali lagi, Partai NasDem tegaskan itu tidak benar dan merupakan fitnah yang amat keji," tulis NasDem dalam cuitan tersebut.

Baca Juga:
AI merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu meniru kemampuan intelektual manusia.

AI memungkinkan komputer untuk belajar dari pengalaman, mengidentifikasi pola, membuat keputusan, dan menyelesaikan tugas-tugas kompleks dengan cepat dan efisien.

Salah satu produk AI terkini adalah terkait suara. Ada yang tulisan diubah menjadi suara manusia. Bahkan ada juga AI yang bisa meniru karakter suara seseorang. Berikut ini dua kategori AI yang dikembangkan sejauh ini:

1. AI Voice Generator

Apakah AI bisa meniru suara manusia? Jawabannya adalah bisa.

Pada mekanisme AI Voice Generator ada dua mekanisme yang dapat digunakan untuk menghasilkan suara.

AI Voice Generator dapat memproses sebuah text untuk menjadi suara dengan mekanisme text to speech (TTS) atau mengubah karakter suara input menjadi berbeda pada output yang dihasilkan lewat mekanisme Voice Changer.

Dalam hal ini, AI Voice Generator menggunakan teknik yang juga digunakan pada mekanisme AI Chatbot yaitu Natural Language Processing (NLP).

Dengan teknik ini, AI dapat memahami dan menafsirkan suasana dari text atau suara yang masuk untuk kemudian dimodifikasi dalam output suara.

Beberapa ekspresi seperti pertanyaan, kegembiraaan dapat dibuat sangat alami seperti halnya suara manusia.

Saat ini AI yang dapat mengubah suara input menjadi suara dengan karakter yang berbeda pada outputnya juga sudah banyak dan dapat diakses secara terbuka.

AI Voice Changer bekerja dengan algoritma yang dapat memodifikasi output suara berdasarkan input audio yang diberikan.

Hasil suara yang dihasilkan juga dapat disesuaikan, biasanya pada AI Voice Changer yang dapat diakses secara terbuka terdapat opsi untuk mengubah suara menjadi suara karakter yang sudah disediakan templatenya seperti template suara robot, template suara alien atau banyak lainnya.

Beberapa laman seperti voicemod, voicechanger dan voice.ai merupakan AI Voice Changer yang dapat diakses secara terbuka dan gratis.

2. Voice Cloning, AI Voice Generator Paling Canggih

Selain Voice Changer, ada sebuah AI yang memiliki cara kerja mirip namun bisa lebih detail meniru suara individu tertentu. AI itu merupakan Voice Cloning.

Voice Cloning merupakan AI yang tidak hanya dapat menghasilkan suara yang terdengar seperti suara manusia namun dapat disesuaikan dengan karakter tertentu. AI ini dapat menganalisis suara seseorang mulai dari nada, aksen dan pola bicara.

Beberapa pihak mengkhawatirkan AI jenis ini karena dapat dilakukan untuk hal-hal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. (detik/beberapa sumber)

Halaman :
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru