Hoax Obrolan Anies-Surya Paloh yang Viral, Ini Produk AI yang Tiru Suara Orang

Hadi Iswanto - Selasa, 23 Januari 2024 16:07 WIB
Hoax Obrolan Anies-Surya Paloh yang Viral, Ini Produk AI yang Tiru Suara Orang
ilustrasi artificial intellegent atau AI
AI Voice Generator dapat memproses sebuah text untuk menjadi suara dengan mekanisme text to speech (TTS) atau mengubah karakter suara input menjadi berbeda pada output yang dihasilkan lewat mekanisme Voice Changer.

Advertisement
Dalam hal ini, AI Voice Generator menggunakan teknik yang juga digunakan pada mekanisme AI Chatbot yaitu Natural Language Processing (NLP).

Baca Juga:
Dengan teknik ini, AI dapat memahami dan menafsirkan suasana dari text atau suara yang masuk untuk kemudian dimodifikasi dalam output suara.

Beberapa ekspresi seperti pertanyaan, kegembiraaan dapat dibuat sangat alami seperti halnya suara manusia.

Saat ini AI yang dapat mengubah suara input menjadi suara dengan karakter yang berbeda pada outputnya juga sudah banyak dan dapat diakses secara terbuka.

AI Voice Changer bekerja dengan algoritma yang dapat memodifikasi output suara berdasarkan input audio yang diberikan.

Hasil suara yang dihasilkan juga dapat disesuaikan, biasanya pada AI Voice Changer yang dapat diakses secara terbuka terdapat opsi untuk mengubah suara menjadi suara karakter yang sudah disediakan templatenya seperti template suara robot, template suara alien atau banyak lainnya.

Beberapa laman seperti voicemod, voicechanger dan voice.ai merupakan AI Voice Changer yang dapat diakses secara terbuka dan gratis.

2. Voice Cloning, AI Voice Generator Paling Canggih

Selain Voice Changer, ada sebuah AI yang memiliki cara kerja mirip namun bisa lebih detail meniru suara individu tertentu. AI itu merupakan Voice Cloning.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru