Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Mahkota yang Jadi Cawapres Prabowo

Hadi Iswanto - Minggu, 22 Oktober 2023 20:56 WIB
Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Mahkota yang Jadi Cawapres Prabowo
int
Presiden Jokowi dan putra pertamanya Gibran Rakabuming
bulat.co.id -Seperti dugaan para pengamat pasca putusan MK soal batas usia Capres Cawapres, Gibran Rakabuming Raka akhirnya resmi menjadi Cawapres. Bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto resmi mengumumkan Wali Kota Solo itu menjadi pendampingnya pada Minggu (22/10/2023).

Prabowo mengatakan keputusan pemilihan Gibran sebagai cawapres sudah bulat. Dia mengatakan akan berjuang untuk menang pada Pilpres 2024.

Advertisement

"Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus dan kita siap maju untuk Indonesia maju," jelasnya.

Baca Juga:

Pada Senin (23/10/2022) pasangan tersebut akan dideklarasikan. Selanjutnya akan mendaftar ke KPU pada hari terakhir masa pendaftaran pada Rabu 25 Oktober 2023.

"Dan pada tanggal 25 hari Rabu kita akan daftar di KPU," kata Prabowo di Kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

Profil Gibran Rakabuming Raka

Tak banyak perjalanan dan kiprah politik Gibran yang baru berusia 36 tahun pada 1 Oktober lalu itu. Gibran merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia kakak dari Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Gibran telah menikah dengan Selvi Ananda. Pernikahan keduanya sudah dikaruniai dua anak, yakni Jan Ethes Srinarendra (laki-laki) dan La Lembah Manah (perempuan).

Gibran lahir dan tumbuh besar di Solo. Namun saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya hijrah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMA) pada tahun 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Selanjutnya di tahun 2007, Gilbran lulus dari Managemnet Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus di tahun 2010.

Bahkan pria yang sudah tertarik berbisnis katering sejak menduduki bangku perkuliahan ini sukses diusianya yang masih muda sehingga dinobatkan sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Tak mau menyia-nyiakan momentum, pada 2021, Gibran maju Pilwalkot Solo. Ia berpasangan dengan Teguh Prakosa.

Pemilihan tersebut ia menangkan dengan perolehan suara 86,54 persen. Putra mahkota Jokowi itu pun menjadi wali kota Solo dalam dua tahun terakhir.

Kini, koalisi pendukung Prabowo seperti tersihir untuk mengangkat Gibran sebagai Cawapres. Akankah langkahnya mulus menuju istana?

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru