Prabowo Paling Royal Bayar Iklan di Facebook, Anies-Muhaimin dan Ganjar Masuk 5 Besar

Hadi Iswanto - Sabtu, 21 Oktober 2023 19:30 WIB
Prabowo Paling Royal Bayar Iklan di Facebook, Anies-Muhaimin dan Ganjar Masuk 5 Besar
asiantime
Para pendukung Prabowo Subianto menghabiskan uang hampir Rp 1 miliar untuk membayar iklan politik di Facebook.

Sementara Bakti Untuk Rakyat entitas yang mengeklaim sebagai komunitas akar rumput pendukung Prabowo. Konten yang diiklankan di Facebook adalah milik lembaga itu sendiri.

Advertisement

Kedua akun ini sama-sama menyasar audiens berusia 21 - 55 tahun di seluruh Indonesia.

Baca Juga:

Jika ditarik lebih kebelakang, indonesia Adil makmur dan Bakti Untuk Rakyat sudah menghabiskan sekitar Rp 2,7 miliar untuk mempromosikan Prabowo di Facebook dalam 90 hari terakhir.

2. Golkar

Entitas kedua yang menghabiskan duit paling banyak di Facebook adalah Yayasan Golkar Institut SPKP. Lembaga sekolah politik Golkar ini selama 30 hari terakhir sudah menghabiskan Rp 198 juta untuk mempromosikan konten-konten di akun Facebook Golkar 2024.

Jika melihat data 90 hari terakhir, Yayasan Golkar Institut sebenarnya sudah membakar sekitar Rp 2,2 miliar, dengan rincian Rp 1,6 miliar untuk promosi konten-konten akun Golkar 2024 dan Rp 600 jutaan untuk menyebarkan konten-konten di akun Facebook resmi Erwin Aksa, salah satu wakil ketum Golkar.

Audiens yang disasar adalah seluruh penduduk Indonesia dengan usia 21 - 65 tahun.


3. Anies Baswedan - Cak Imin

Ada setidaknya 4 entitas yang getol mempromosikan konten-konten untuk capres Anies Baswedan di Facebook. Keempatnya adalah Unboxing Anies, Aksi Tanggap Anies, Suara Anies, Politik Wakanda dan Gerakan Nahdliyyin Bersatu.

Iklan untuk empat akun di atas juga dibayar oleh pihak-pihak dengan nama yang sama.

Unboxing Anies menghabiskan sekitar Rp 124 juta; Aksi Tanggap Anies membakar Rp 102 juta; Suara Anies dengan Rp 67 juta dan Gerakan Nahdliyyin Bersatu menggelontorkan Rp 84 juta di 30 hari terakhir untuk mempromosikan pasangan yang dikenal dengan akronim Amin itu.

Tetapi jika melihat data 90 hari ke belakang, Unboxing Anies sudah menghabiskan Rp 202 juta; Aksi Tanggap Anies dengan Rp 180 juta dan Suara Anies dengan Rp 134 juta.

Unboxing Anies mempromosikan konten-konten dukungan untuk Anies Baswedan di 12 wilayah: Jawa Barat, Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Bekasi, Depok dan Tangerang.

Usia audiens yang ditarget adalah 18 - 65 tahun.

Sementara Aksi Tanggap Anies secara khusus menargetkan audiens - selain 8 provinsi di atas - 5 provinsi Sulawesi (kecuali Gorontalo) dan Sumatra Selatan.

Suara Anies di sisi lain juga menargetkan iklannya untuk audiens di seluruh provinsi di Jawa serta di Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.

Sebenarnya ada satu akun lagi yang dicurigai didanai para pendukung Anies, yakni Politik Wakanda dan didanai oleh wakandaforever. Konten-konten berbayar di dalam akun ini berisi kritik dan ejekan terhadap Prabowo, Jokowi, Erick Thohir hingga Ganjar.

Politik Wakanda ini sudah menghabiskan Rp 40 juta dalam sebulan terakhir dan audiens sasarannya berlokasi di Jawa dan Sumatra.

Tidak diketahui siapa sebenarnya bohir di balik akun-akun Facebook pendukung Anies di atas.

4. Ganjar Pranowo

Sementara capres dari PDIP Ganjar Pranowo juga punya pendukung royal di Facebook yang menggunakan akun Melihat Indonesia, GanjarFans dan Nikmatul Sugiyarto.

Sama seperti akun-akun pendukung Anies, bohir di balik akun-akun pro Ganjar dan Mahfud MD ini juga misterius.

Melihat Indonesia, yang menghabiskan Rp 146 juta dalam 30 hari terakhir, banyak berisi konten yang menyudutkan Jokowi sembari memuja Ganjar. Audiens yang jadi fokusnya adalah di warga Jawa Barat dengan usia 21 - 65 tahun.

Melihat Indonesia bahkan sudah membakar Rp 323 juta dalam 90 hari terakhir.

Sementara GanjarFans, yang menghabiskan Rp 70 juta di sebulan terakhir, punya target lebih spesifik: kabupaten dan kota di Jawa Barat serta Sumatra Barat yang dikenal bukan sebagai kantong suara PDIP.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru