Prabowo Paling Royal Bayar Iklan di Facebook, Anies-Muhaimin dan Ganjar Masuk 5 Besar

Hadi Iswanto - Sabtu, 21 Oktober 2023 19:30 WIB
Prabowo Paling Royal Bayar Iklan di Facebook, Anies-Muhaimin dan Ganjar Masuk 5 Besar
asiantime
Para pendukung Prabowo Subianto menghabiskan uang hampir Rp 1 miliar untuk membayar iklan politik di Facebook.
bulat.co.id -Para pendukung Prabowo Subianto menghabiskan uang hampir Rp 1 miliar untuk membayar iklan politik di Facebook. Angka itu terbanya dibanding calon kontestan Pilpres lainnya.

Demikian terungkap dari laporan Ad Library Meta yang diakses Sabtu (21/10/2023).

Advertisement

Meta, induk usaha Facebook, sejak 2019 lalu sengaja membuka data semua iklan politik yang masuk di platformnya agar tidak dituding ikut campur dalam pemilu sebuah negara.

Baca Juga:

Dalam laporan itu, publik bisa melihat siapa yang membayar iklan, konten apa saja yang diiklankan dan berapa uang yang dihabiskan untuk iklan-iklan tersebut.

Di tengah memanasnya suhu politik di Indonesia jelang Pemilu 2024, Suara.com memeriksa Ad Library Meta dan menemukan bahwa para pendukung Prabowo Subianto dan Golkar adalah yang paling banyak mengahmburkan uang di Facebook.

Pendukung Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, dua saingan Prabowo di Pilpres, juga tidak mau kalah soal membakar uang di media sosial bikinan Mark Zuckerberg tersebut.

Tetapi uniknya tokojhdi balik akun-akun pendukung Anies dan Ganjar di Facebook misterius, berbeda dari para pendana iklan politik Prabowo dan Golkar.

Berikut adalah daftar pembayar iklan politik di Facebook terbesar di Indonesia dalam 30 hari terakhir:

1. Prabowo Subianto

Selama 30 hari terakhir, ada dua pihak yang menghabiskan uang paling banyak: indonesia Adil makmur dan Bakti Untuk Rakyat. Keduanya menghabiskan sekitar Rp 999 juta untuk menyebarkan konten-konten Prabowo di Facebook.

Tidak diketahui siapa di balik indonesia Adil makmur, tetapi nama ini sama dengan nama koalisi gabungan partai pendukung Ketum Gerindra itu pada Pemilu 2019 lalu. Entitas ini menghabiskan sekitar Rp 530 juta untuk menyebarkan konten-konten dari akun Facebook resmi Prabowo.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru