Sah! Golkar Ajukan Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Tinggal Menunggu Deklarasi

Hadi Iswanto - Sabtu, 21 Oktober 2023 16:00 WIB
Sah! Golkar Ajukan Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Tinggal Menunggu Deklarasi
Gibran menerima surat dari Golkar yang mengusulkannya menjadi Cawapres Prabowo Subianto
bulat.co.id -Pasangan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming tampaknya segera terwujud. Partai Golkar secara resmi mengusulkan putra pertama Presiden Jokowi itu sebagai pendamping Prabowo Subianto. Bagaimana tanggapan Ketum Partai Gerindra atas usulan tersebut?

Prabowo Subianto yang sejak awal memang ngebet menggandeng Gibran, langsung menerima usulan Partai Golkar.

Advertisement

"Tentunya ini kehormatan, saya terima," kata Prabowo dalam sambutannya di acara Rapimnas Golkar di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).

Baca Juga:

Ia pun mengaku terhormat diundang dalam Rapimnas partai yang pernah menjadi tempatnya berkarier politik itu. Dia mengatakan Partai Golkar banyak diisi tokoh-tokoh nasional.

"Hari ini saya merasa sangat besar hati, sangat terhormat diundang di Rapimnas kedua Partai Golkar tahun 2023, di mana Partai Golkar yang terdiri dari begitu banyak tokoh-tokoh nasional," ujar Prabowo.

Prabowo menilai Ketum Golkar Airlangga Hartarto merupakan salah satu putra terbaik bangsa. Dia memuji Airlangga sesungguhnya pantas maju sebagai capres ataupun cawapres.

Kapan Delarasi?


Prabowo menyebut Golkar sebagai salah satu partai yang berjiwa besar. Menurutnya, usulan tersebut akan didiskusikan bersama delapan ketua umum (ketum) partai di KIM.

"Karena kami KIM terdiri dari sekarang delapan partai, empat partai parlementer dan empat partai non-parlementer, tapi juga punya akar. Jadi biasanya kita akan rapat, musyawarah, dan nanti kita umumkan keputusan kita bersama," ucap Prabowo.

"Tentunya usul ini akan kita bawa ke forum ketua umum partai," sambungnya.

Di sisi lain, Prabowo enggan memastikan waktu terkait deklarasi cawapres pendampingnya. Ketum Partai Gerindra itu mengatakan deklarasi dapat dilakukan sewaktu-waktu.

"Saya sudah jawab sewaktu-waktu (deklarasi cawapres)," ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan jika politik Indonesia bersifat dinamis. Sebab itu, kata dia, tak dapat diprediksi kapan deklarasi cawapres akan dilakukan.

"Bahwa dinamika politik Indonesia memerlukan suatu sikap yang dinamis, luwes, dan itikat yang terbaik untuk rakyat," katanya.

Alasan Golkar Dukung Gibran

Ketum Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan alasan partai berlambang beringin itu mendukung Gibran menjadi bakal cawapres Prabowo. Ia pun membandingkan Gibran sosok anak muda di era perjuangan kemerdekaan.

"Kenapa Partai Golkar berpikir anak muda kita punya sejarah contohnya Sutan Sjahrir menjadi PM pertama sejak Indonesia diproklamirkan Soekarno-Hatta, umur Sutan 36 tahun dan Sutan adalah kepala eksekutif atau kepala pemerintahan. Jadi kalau Sutan Sjahrir bisa, maka saya yakin under 40 tahun anak muda kita juga siap mendampingi Bapak Prabowo," kata Airlangga di Rapimnas Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Airlangga menyebut Golkar suka pemimpin muda yang usianya di bawah 40 tahun, salah satunya Gibran. Sedangkan untuk Prabowo, Airlangga menyebutnya masuk ke kategori kedua yang disukai Golkar yakni usia 40 plus-plus.

"Kenapa Golkar suka under 40 karena dimulai fourty dimulai dengan angka 4 dan Partai Golkar nomor 4. Bagi Partai Golkar hanya ada dua definisi anggota dan aktivis partai, satu under fourty yang kedua fourty plus-plus. Jadi Pak Prabowo adalah fourty plus-plus," ucapnya.

"Beliau punya otak yang hebat, beliau teknokrat, beliau punya visi yang luar biasa, dan sebetulnya saya sangat melihat betapa Golkar dan Pak Airlangga sendiri berjiwa besar bahwa sesungguhnya Golkar mengusulkan beliau sebagai capres atau cawapres dan saya menilai beliau sesungguhnya pantas sebagai capres atau cawapres," jelasnya.

"Tetapi demi kepentingan yang besar, demi kepentingan nasional, demi kepentingan rakyat, demi stabilitas, demi kesinambungan beliau dan Golkar menunjukkan jiwa besarnya luar biasa," sambung dia.

Prabowo mengatakan Golkar dan Airlangga sangat berjiwa besar. Dia pun kembali menyampaikan rasa hormatnya.

"Beliau dan Golkar hari ini menunjukkan jiwa besarnya luar biasa, tidak berpikir golongan, tidak berpikir pribadi, berpikir kepentingan bangsa Indonesia. Dari lubuk hati saya paling dalam saya hormat kepada Golkar," tuturnya.

Prabowo lantas menghadap kepada Airlangga dan memberikan hormat. Airlangga pun membalas hormat Prabowo.

Halaman :
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru