Tahun 2024, Indonesia Kekurangan 1,3 Juta Guru

- Selasa, 05 September 2023 15:30 WIB
Tahun 2024, Indonesia Kekurangan 1,3 Juta Guru
internet
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Prof. Nunuk Suryani. (Dok. Tanoto Foundation)


Advertisement

Baca Juga:

Rekrutmen ASN PPPK Guru Nunuk mengatakan, Kemendikbud Ristek telah melakukan antisipasi sejak 2021, salah satunya melalui rekrutmen ASN P3K guru.


Baca Juga :Polres Labuhanbatu Peduli Pendidikan, Berbagi Buku Ke Pelajar



Dalam podcast bersama Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Margaretha Ari Widowati tersebut, Nunuk mengatakan bahwa pemerintah melalui Kemendikbud Ristek terus melakukan langkah akseleratif untuk bisa mengisi kekurangan guru. Pada tahun 2021 dan 2022 misalnya, jumlah guru baru yang berhasil direkrut mencapai 544.000 orang.

Pada tahun ini, lanjut Nunuk, jumlah profesi pengajar sekolah negeri yang direkrut ditargetkan bisa mencapai 600.000. Namun demikian, pemerintah daerah di seluruh Indonesia baru mengusulkan penambahan jumlah guru sebanyak total 300.000.

"Tahun 2024 memang masih ada kekurangan, namun jumlahnya tidak sampai 1,3 juta guru. Ini karena kami sudah melakukan mitigasi dari sekarang," lanjut Nunuk.

Selain melalui rekrutmen reguler, Kemendikbud Ristek juga menggagas Ruang Talenta Guru. Dalam rencana ini, platform tersebut akan menjadi wadah bagi guru-guru honorer yang telah memenuhi kualifikasi dan kompetensi.

"Melihat di mana tren supply dan demand guru yang hampir selalu tidak seimbang, Mas Menteri (Nadiem Makarim) menyampaikan dalam suatu forum dengan Komisi X DPR terkait Ruang Talenta Guru atau yang pada saat itu disebut marketplace," ujar Nunuk. (dhan/kmp)

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru