Serahkan Alsintan ke Koptan, Bupati Pakpak Bharat: Harus Bisa Meningkatkan Produktivitas Pertanian dan Kesejahteraan Petani

Lastro Banurea - Kamis, 14 Desember 2023 23:00 WIB
Serahkan Alsintan ke Koptan, Bupati Pakpak Bharat: Harus Bisa Meningkatkan Produktivitas Pertanian dan Kesejahteraan Petani
Lastro Banurea
Ket foto : Tampak Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor melakukan Demo Penggunaan Traktor didampingi Plt Kepala Disketapang Dan Pertanian Adei Johan Banurea.(Lastro Banurea)
bulat.co.id -Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menyerahkan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada sejumlah kelompok tani (Koptan) di Kabupaten Pakpak Bharat.

Adapun bantuan Alsintan yang bersumber dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian ini, berupa Cultivator 50 unit, Traktor Roda empat 20 unit, Handsprayer 25 unit, kendaraan roda tiga 20 Unit, pompa air 10 unit dan corn sheller 4 unit.

Advertisement

Penyerahan alsintan yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian, Kamis (14/12/2023), langsung dilakukan oleh Bupati Pakpak BharatFranc Bernhard Tumanggor secara simbolis.

Baca Juga:

Turut dihadiri, Sekda Jalan Berutu, Kepala Dinas Kominfo Sahat P Boangamanalu, Kepala Dinas BPKPB Horyson Rumapea, Plt Kepala Disketapang Dan PertanianAdei Johan Banurea dan kelompok tani penerima.

Bupati Pakpak Bharat dalam sambutannya menyampaikan, alat dan mesin pertanian ini merupakan bantuan dan dukungan dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian guna mendukung keberhasilan pertanian di food estate dan dikabupaten Pakpak Bharat tentunya.

Ia juga tak lupa mengucapkan banyak terimakasih Kepada Dinas Pertanian Pakpak Bharat, yang sudah benar-benar berjibaku untuk mendapatkan bantuan alsintan ini.

"Dan juga saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada dinas pertanian yang sudah benar-benar berjibaku kita semua untuk mendapatakan bantuan ini," kata Franc.

Menurutnya, ia selaku kepala daerah di Pakpak Bharat, cukup bangga dan bersyukur karena Kabupaten Pakpak Bharat bisa mendapatkan bantuan alsintan ini.

"Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi kelompok tani di wilayah kita Kabupaten Pakpak Bharat ini," ungkapnya.

Dan dengan adanya alat ini, bupati mengharapkan kedepannya, dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahtraan petani diwilayah Pakpak Bharat.

"Kalau dihitung-hitung, ini jumlahnya banyak ini, pasti harus berhasil, iya ya bapak ibuk?," tanya bupati.

Ia juga berpesan kepada penerima bantuan alsintan agar dijaga dan dipergunakan sebaik-baiknya demi meningkatkan hasil pertanian dan kesejahtraan masyarakat PakpakBharat.

"Kepada kelompok tani penerima bantuan alsintan, saya berharap agar alat inibenar-benar dijaga, dan dipergunakan sebaik-baiknya, untuk meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan kita semua khususnya masyarakat petani di kabupaten pakpak Bharat yang kita cintai ini," pungkasnya.

Salah seorang perwakilan kelompok tani, Sadar Berutu dari Kelompok Tani Sada Sungkunta mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.

"Kami sebagai utusan kelompok tani yang ada di Pakpak Bharat dan juga atas nama masyarakat Pakpak Bharat melalui kelompok tani mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah kabupaten Pakpak Bharat," kata Sadar.

Menurut Sadar, bantuan alsintan yang diterima mereka hari ini merupakan hasil kerja keras Bupati Pakpak Bharat khususnya.

"Dimana ini ada bantuan kepada kami masyarakat ini, ini merupakan kerja keras bupati khsusunya ini. Mudah-mudahan pak bupati beserta opd yang ada di Pakpak Bharat tetap diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa kesehatan sehingga bisa dapat melaksanakan tugas untuk memikirkan kami masyarakat yang dibawah ini pak, masyarakat Pakpak Bharat untuk menuju kininduma," pungkasnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Pakpak Bharat dalam laporannya menyampaikan, jenis alsintan yang diserahkan cultivator 50 unit, handsprayer 25 unit, kendaraan roda tiga 20 unit, traktor roda empat 20 unit, pompa air 10 unit, corn sheller 4 unit.

Ia menyebutkan, penerima alsintan ini adalah kelompok tani di food estate, kemudian Dinas Ketahan Pangan Dan Pertanian sebagai cikal bakal brigade.

Lanjutnya Adei Johan mengatakan, bantuan alsintan ini merupakan bantuan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian.

Diharapkan dengan adanya alsintan ini, kata Adei dapat mendorong produktivitas hasil pertanian, mendorong sektor pertanian kearah yang lebih maju, mandiri dan modern.

Selanjutnya, meningkatkan luas garapan, intensitas tanam, efisiensi usaha tani, mengurangi kehilangan hasil, dan meningkatkan mutu dan nilai tambah produk pertanian.

"Kegiatan penyerahan bantuan alsintan ini merupakan komitmen pemerintah yang sangat serius pada sektor pertanian, demi mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis, menitikberatkan pada upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahtraan petani," kata Adei Johan.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru