Pemkab Tapsel Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024

Suhut Gultom - Senin, 28 Oktober 2024 20:30 WIB
Pemkab Tapsel Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024
istimewa
Suasana ketika Pemkab Tapsel gelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024
bulat.co.id - Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Dinas Pariwisata melaksanakan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024, yang bertema "Maju Bersama Indonesia Raya".

Advertisement
Dihadiri Forkopimda Plus, Sekda Tapsel, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Kabag, TNI Polri, Ormas, OKP, ASN, Siswa Siswi SMA dan SMP, dilapangan bola Sarasi ll Simarpinggan Kecamatan Angkola Selatan Tapsel, Senin (28/10/2024)

Menteri Pemuda dan Olahraga, Ario Bimo Nandito Ariotedjo dalam kata sambutannya melalui Inspektur Upacara (Irup) Plt Bupati Tapsel, Rasyid Assaf Dongoran menyampaikan bahwa Sumpah Pemuda Tahun 1928 adalah peristiwa penting dalam sejarah kebangsaan Indonesia dimana para pemuda Indonesia menyatakan tekad yang kuat untuk bersatu ditengah kenyataan keragaman untuk menghadirkan Negara Indonesia.

Baca Juga:

Nilai nilai Agung Sumpah Pemuda harus didengungkan berkali-kali disetiap waktu untuk menguatkan kesadaran dan karakter Bangsa Indonesia, dalam menghadapi pelbagai perubahan situasi dan kondisi yang sangat cepat, yang bisa menjadikan kekuatan Bangsa terdegradasi, melemahkan daya kekuatan Bangsa Indonesia untuk menjaga eksistensi kebangsaan Indonesia secara lestari.

Bulan Pemuda dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 ini berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah Bangsa Indonesia mewujudkan target-target Pembangunan jangka menengah sebagai landasan pencapaian target Pembangunan jangka panjang 2045, yaitu terwujudnya Indonesia Emas yang bercirikan kemajuan dan kesejahteraan yang makin tinggi, serta kiprah bangsa Indonesia yang lebih kuat dalam kancah global.

Momentum ini merupakan kesempatan bagi Bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada agenda-agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam Pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek Pembangunan maupun sebagai objek Pembangunan.

Sebagai subjek Pembangunan sebagian pemuda Indonesia telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam beragam sektor Pembangunan Nasional bahkan pada agenda SGDs (Sustainable Development Goals) PBB yang merupakan agenda global.

Pada sebagian yang lain, pemuda Indonesia masih membutuhkan layanan pemberdayaan untuk membangun potensi yang masih terpendam hingga potensi tersebut menjadi kekuatan dalam kepemimpinan, kepeloporan dan kewirausahaan.

Harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam Pembangunan Nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan.

Hasil pencapaian hal ini dapat ditemukan dari capaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru