Pj Wali Kota Kota Padangsidimpuan Pimpin Upacara HSN 2024

Suhut Gultom - Selasa, 22 Oktober 2024 21:00 WIB
Pj Wali Kota Kota Padangsidimpuan Pimpin Upacara HSN 2024
istimewa
Pj Wali Kota H Timur saat memimpin Upacara HSN 2024.
bulat.co.id - Pj Wali Kota Padangsidimpuan H Timur Tumanggor SSos MAP memimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2024 Tingkat Kota Padangsidimpuan, di Pondok Pesantren Hajijah Amalia Sari, Jalan Raja Inal Siregar Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Selasa (22/10/2024).

Menteri Agama Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA melalui Pj Wali Kota H Timur pada sambutannya menekankan pentingnya mengenang dan menghargai jasa-jasa para Santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Advertisement

"Selamat Hari Santri, Eksistensi dan peran Santri dalam derap langkah pembangunan Bangsa ini sungguh besar. Santri tidak terbatas pada pembangunan keilmuan dan keagamaan semata, tetapi juga berkontribusi di berbagai sektor kehidupan masyarakat", ucap H Timur.

Baca Juga:

H Timur menyebutkan bahwa, Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober adalah momentum untuk mengenang para Santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Sejarah mencatat bahwa kaum Santri merupakan salah satu kelompok paling aktif dalam perlawanan terhadap penjajahan.

Dimana 'Resolusi Jihad' yang dicetuskan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari pada tanggal 22 Oktober 1945. Dan dalam fatwa tersebut, beliau menyatakan bahwa berperang melawan penjajah adalah fardhu 'ain bagi setiap Muslim.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru