Dinkes Kota Padangsidimpuan Laksanakan Koordinasi Mitra Dukung Pergerakan Germas

Suhut Gultom - Rabu, 14 Agustus 2024 12:30 WIB
Dinkes Kota Padangsidimpuan Laksanakan Koordinasi Mitra Dukung Pergerakan Germas
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padangsidimpuan melaksanakan pertemuan koordinasi mitra dalam mendukung pergerakan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Aula PIA Hotel Kota Padangsidimpuan, Selasa (13/8/2024).
bulat.co.id - PADANGSIDIMPUAN | Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padangsidimpuan melaksanakan pertemuan koordinasi mitra dalam mendukung pergerakan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Aula PIA Hotel Kota Padangsidimpuan, Selasa (13/8/2024).

Pj Wali Kota H Timur Tumanggor melalui, Asisten II Rahuddin Harahap SH MH memaparkan ada tujuh gerakan yang bisa dilakukan untuk menerapkan Gernas antara lain, aktivitas fisik, membiasakan konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, pemeriksaan kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat. Ke OPD terkait diharap agar bersinergi dan bekerja sama sesuai tugasnya masing-masing.

Advertisement

"Giat ini diharap agar berjalan sebagaimana mestinya, tentu OPD terkait harus bersinergi, baik dari produksi pertanian holtikulturanya, bagaimana masyarakat mencukupi kebutuhan sayur dan buahnya, dan bagaimana agar membiasakan ini di masyarakat semua harus bersinergi," harapnya.

Baca Juga:

Sementara, Kabid Pemerintahan Pembangunan Manusia dan Kesra, Deni Afnita Siregar SE memaparkan latar belakang dari program Germas. Antara lain, meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular, permasalahan gizi, kurangnya aktivitas fisik, perokok perokok dan pola makan tidak seimbang yang berkontribusi pada peningkatan prevalensi penyakit tidak menular.

"Tugas kita saling terkait dan memiliki peran penting masing-masing dalam menjalankan program Germas karena ini merupakan tugas lintas sektor mencakup OPD terkait", tutur Deni Wanita.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru