Wujudkan Semangat Berprestasi melalui Logo Resmi PON XXI yang Terinspirasi dari Budaya Lokal

Redaksi - Jumat, 06 September 2024 20:09 WIB
Wujudkan Semangat Berprestasi melalui Logo Resmi PON XXI yang Terinspirasi dari Budaya Lokal
rel
Logo PON XXI Aceh-Sumut
bulat.co.id -MEDAN I Logo Resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 telah diluncurkan dan memiliki filosofi budaya yang kuat.

Desain logo ini didasarkan pada simbol rencong dan ulos, masing-masing mewakili Aceh dan Sumatera Utara, yang juga menjadi daerah penyelenggara nasional yang mendukung acara ini.

Advertisement

Simbol rencong melambangkan keberanian dan patriotisme, sedangkan ulos merupakan simbol persatuan dan kasih sayang antar-kaum.

Baca Juga:

Dalam merangkai desain logo ini, unsur abstraksi dari api dan obor melambangkan sportivitas dan dedikasi, dan arah ke atas pada desain logo melambangkan potensi sumber daya alam dan dinamika ekonomi kedua provinsi.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Tim Dewan Juri Bidang Sosial Budaya Sayembara Nasional Logo PON XXI, Tarmizi Abdul Hamid dalam keterangannya ke media pada 5 September 2024 di Medan.

Dalam mempertahankan keunikan budaya dari Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, desain logo PON XXI secara elegan didesain dengan dua garis kuning yang terlihat sangat istimewa.

Dinamika garis-garis ini melambangkan kehidupan sosial budaya yang kaya, dan dikombinasikan dengan gambar kepak sayap burung yang menggambarkan semangat untuk mencapai prestasi tertinggi.

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru