Preview Piala Eropa 2024: Portugal vs Republik Ceko

Redaksi - Selasa, 18 Juni 2024 19:30 WIB
Preview Piala Eropa 2024: Portugal vs Republik Ceko
Antara
Portugal vs Ceko dinihari
bulat.co.id -JAKARTA I Portugal terlihat lebih unggul dibandingkan dengan Republik Ceko dalam banyak hal.

Advertisement
Dengan begitu, Portugal lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan Grup F Piala Eropa 2024 melawan Ceko yang diadakan di Red Bull Arena, Leipzig pada Rabu dini hari pukul 02.00 WIB nanti.

Baca Juga:

Portugal menjuarai Grup J dengan memenangkan seluruh dari 10 pertandingan kualifikasinya, dengan mencetak 36 gol dan kebobolan hanya 2 kali.

Mereka mencetak gol terbanyak serta kebobolan paling sedikit dan menjadi satu-satunya peserta Euro 2024 yang memenangkan seluruh laga kualifikasi.

Republik Ceko, Tim Narodni, lolos ke putaran final Euro 2024 setelah menjadi runner-up Grup E kualifikasi di bawah Albania dengan mencetak 12 gol dan kebobolan 6 gol.

Mereka mencatat 4 kemenangan, 23 hasil seri dan 1 kekalahan. Mereka pernah menjadi semifinalis edisi 2004 dan perempat finalis Euro 2020.

Portugal memiliki catatan yang lebih baik daripada Ceko karena Cristiano Ronaldo cs mengikuti Euro sembilan kali berturut-turut sejak 1996.

Mereka menjadi juara Euro 2016 dan runner-up Euro 2004. Mereka juga selalu mengikuti enam Piala Dunia terakhir termasuk Piala Dunia 2018 di Qatar ketika mencapai perempatfinal.

Di sisi lain, seperti dilansir Antara, Ceko tak pernah lagi mengikuti Piala Dunia sejak terakhir melakukannya pada 2006. Namun mereka pernah menjadi runner-up Piala Dunia 1962.

Semua catatan Portugal yang lebih baik dari Ceko itu dikuatkan oleh peringkat FIFA. Jika Portugal berperingkat 6, maka Ceko berperingkat 36. Beda 30 peringkat menunjukkan kesenjangan yang sangat besar antara kedua tim.

Namun, pertandingan sepak bola acap menepis semua statistik yang merasionalkan hal-hal non-matematis yang kerap berperan dalam menentukan hasil pertandingan, seperti keberuntungan, motivasi, mental, dan dukungan penonton.

Kedua tim telah memahami faktor ini. Tiga tahun lalu, Ceko dan Portugal lolos ke 16 besar. Keberuntungan turut bermain dalam kelolosan kedua tim ke fase gugur Euro 2020 itu. Portugal terhenti, sedangkan Ceko ke perempat final untuk dikalahkan Denmark.

Di kandang RB Leipzig pada Rabu dini hari nanti, Ceko bisa berharap matematika kompetisi tidak terlalu menentukan hasil pertandingan melawan Portugal, walaupun mereka memiliki banyak bakat hebat sepak bola.

Namun, Portugal tetap ingin mengkapitalisasi keunggulan teknis dan kualitas pemain-pemainnya untuk mencapai hasil maksimal yang bisa membuat mereka melenggang ke fase gugur.

Pelatih Portugal Roberto Martinez asal Portugal dan pernah membawa Belgia menduduki peringkat ketiga Piala Dunia 2018 dan perempatfinal Euro 2020. Ia akan berusaha mengoptimalkan tim dengan bakat menyerang, dari lini belakang sampai depan.

Martinez kemungkinan akan bertahan pada formasi tiga bek tengah 3-4-3 yang sentral dalam memuluskan perjalanan Portugal ke Euro 2024.

Namun, pertandingan bisa saja berbeda. Ceko, yang berperingkat di bawah Portugal, pasti berpikir untuk meniru keberhasilan tetangganya, Slovakia, dalam menjungkalkan tim kuat Belgia beberapa jam lalu.

Oleh karena itu, Portugal harus berhati-hati dan tetap fokus agar tidak kecolongan dalam pertandingan melawan Ceko.

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru