Tim SAR dan TNI-Polri Tiba di TKP Jatuhnya Pesawat SAM AIR di Papua

Sugiatmo - Sabtu, 24 Juni 2023 17:08 WIB
Tim SAR dan TNI-Polri Tiba di TKP Jatuhnya Pesawat SAM AIR di Papua
Istimewa
bulat.co.id -Enam orang anggota Basarnas dan TNI-Polri akhirnya berhasil mencapai tempat kejadian perkara (TKP) jatuhnya pesawat SAM Air dengan registrasi PK-SWM di Kampung Mabualam, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Papua.

Marsma Dadan Gunawan, Danlanud Silas Papare Sentani, mengungkapkan bahwa cuaca di lokasi jatuhnya pesawat dilaporkan buruk sejak Sabtu (24/6/23) pagi.

Advertisement

Buruknya cuaca di lokasi membuat proses evakuasi belum dapat dilakukan.

Baca Juga:
Baca Juga :Papua Terjunkan 25 Personel Brimob">Evakuasi Korban Pesawat SAM Air, Polda Papua Terjunkan 25 Personel Brimob

"Tim sudah terbang dari Wamena menuju TKP pagi tadi, namun karena cuaca buruk, evakuasi belum dapat dilakukan. Namun, kami menerima laporan bahwa ada enam anggota Basarnas yang berhasil turun di TKP," ungkap Marsma Dadan pada Sabtu (24/6/23).

Dadan menjelaskan bahwa keenam anggota tersebut akan mengidentifikasi kondisi lokasi kejadian, termasuk melaporkan kondisi awak dan penumpang pesawat.

"Mereka baru berhasil turun di TKP dan kami belum menerima laporan terbaru mengenai kondisi di sana. Tugas mereka adalah mengumpulkan informasi tentang TKP, termasuk kondisi awak dan penumpang," jelasnya.

Baca Juga :Hilang Kontak, Pesawat SAM Air Jatuh di Hutan Papua

Pun begitu, mereka berharap korban pesawat jatuh selamat dan dapat segera dievakuasi. "Namun, jika tidak ada, tugas mereka adalah mengumpulkan korban ke dalam kantong jenazah agar besok, jika cuaca membaik, evakuasi dapat segera dilakukan," tambah Dadan.

Saat ini para anggota Basarnas tersebut akan menginap dan siaga di TKP serta terus melaporkan kondisi dan perkembangan di sana.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru