Gunung Bawah Laut Ditemukan di Perairan Pacitan Jatim

- Senin, 13 Februari 2023 13:00 WIB

bulat.co.id - Badan Informasi Geospasial (BIG) menemukan keberadaan gunung bawah laut di perairan Pacitan, Jawa Timur. Letak gunung bawah laut itu berada di 200 kilometer barat daya Pacitan.

Advertisement

Baca Juga:

Berdasarkan data yang diperoleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), tinggi gunung itu mencapai 2.300 meter dari dasar laut dan memiliki diameter sekitar 10 kilometer. Kedalamannya antara antara 3 hingga 4 kilometer dari permukaan air.

Baca Juga: Alasan Danau dan Sungai Muncul di Lembah Al-Rummah Arab Saudi

"Sedangkan untuk aktivitasnya masih diteliti," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko, seperti dilansir dari detikcom, Senin (13/2/2023).

Erwin menjelaskan, BIG telah melakukan survei dan pemetaan terhadap gunung bawah laut di Pacitan itu, dan diprediksi proses terbentuknya memakan waktu lama. Menurut BIG, munculnya gunung bawah laut adalah efek tumbukan lempeng Indo-Australia di Samudra Hindia.

Menurut analisa pakar Geologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Prof Amin Widodo, gunung bawah laut itu terbentuk karena poses tumbukan dan sepanjang 200 kilometer pantai di Jawa Timur adalah lokasi tumbukan lempeng.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru