Indonesia Bakal Alami Fenomena MJO Lagi

- Sabtu, 28 Januari 2023 17:30 WIB
Indonesia Bakal Alami Fenomena MJO Lagi
Istimewa
bulat.co.id -Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) RI kembali merilis pantauan cuaca akhir-akhir ini. Terbaru, berdasarkan pemantauan perkembangan dinamika atmosfer saat ini termonitor fenomena MJO (Maden Jullian Oscillation) diprediksikan mulai aktif kembali di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu saat ini Monsun Asia masih cukup aktif dengan identifikasi terdapat aliran lintas ekuator, kemudian perlambatan angin dan belokan angin juga terbentuk di sekitar wilayah Indonesia.

Baca Juga: BMKG Prediksi Riau Jambi dan Sumut Alami Kemarau Mulai Februari

"Saat ini teramati Bibit siklon Tropis bibit 94S di Samudera Hindia sebelah barat daya Lampung dengan kecepatan angin maksimum 37 km/jam dan tekanan udara minimum 1005.0 mb dan bibit siklon tropis 90B yang teramati di Samudera Hindia sebelah barat Aceh dengan kecepatan angin maksimum 37 km/jam, tekanan udara minimum 1006.0 mb," terang Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, Sabtu (28/1/2023), dilansir CNBC Indonesia.

Guswanto juga menyebutkan bahwa potensi kedua bibit siklon tropis tersebut untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori Rendah. Kondisi tersebut dapat berkontribusi meningkatkan pertumbuhan awan hujan dan potensi cuaca signifikan dalam sepekan kedepan.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru