Muntahkan Abu Setinggi 750 Meter ke Arah Sumbar, Gunung Kerinci Berstatus Waspada

Gunung Kerinci Berstatus Waspada
- Sabtu, 14 Januari 2023 13:42 WIB
Muntahkan Abu Setinggi 750 Meter ke Arah Sumbar, Gunung Kerinci Berstatus Waspada
Foto: dok. PVMBG G.Kerinci
Gunung Kerinci erupsi
bulat.co.id -Gunung Kerinci hari ini kembali alami erupsi dan lontarkan material abu vulkanik dengan kolom ketinggian 750 meter. Abu dari gunung api tertinggi di Sumatera itu terbawa angin ke arah wilayah barat daya dan barat.

"Kembali terjadi erupsi Gunung Kerinci, Jambi, Sumatera Barat pada pukul 06.58 WIB hingga saat ini dengan tinggi kolom abu teramati 750 meter di atas puncak 4.555 meter di atas permukaan laut dengan berwarna kelabu intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat," kata Kepala Pos PGA, Irwan Safwan dalam keterangan resminya, Sabtu (14/1/2023).

Dilansir dari detiksumut, Gunung Kerinci tercatat sudah 4 hari berturut-turut alami erupsi sejak Rabu (11/1/2023). Erupsi Gunung Kerinci pada pagi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi erupsi sementara 11 menit 40 detik.

Dampak Erupsi Gunung Kerinci ini juga kebanyakan dirasakan warga di Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Abu vulkanik yang dimuntahkan Gunung Kerinci itu juga berjatuhan di lahan perkebunan milik warga.

Sejauh ini status Gunung Kerinci masih berada pada Status Level II (Waspada). Masyarakat juga diminta mengenakan masker untuk menghindari dampak abu vulkanik.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru