BMKG Catat Gempa di Indonesia 10.792 Kali Selama 2022

- Jumat, 30 Desember 2022 13:00 WIB
BMKG Catat Gempa di Indonesia 10.792 Kali Selama 2022
Istimewa
BMKG
"Saat ini kita sedang mengkompilasi data yang merusak di Indonesia dalam sejarahnya, sampai saat ini apakah polanya seperti ini. Ini menjadi sebuah catatan yang menarik," tambahnya.


Daryono pun mengatakan kejadian gempa yang signifikan sebenarnya tidak terjadi pada bulan Desember ini saja.

"Kemudian kita fokus ke Desember karena akhir tahun, bahwa di bulan Desember ini kita mencatat gempa itu sebanyak 1.098 kali ya dan ini masih berada di atas rata-rata bulanan kejadian gempa. Dan memang saat ini baik media massa, masyarakat juga menilai sebenarnya kejadian gempa di bulan Desember."

"Sebenarnya fenomena gempa dengan kejadian gempa melebihi 1000 kali dalam sebulan tidak hanya terjadi di bulan ini saja. Dalam tiap tahun itu ada-ada saja bulan-bulan yang memiliki kejadian gempa di atas 1000," katanya.

"Sehingga apa yang disampaikan oleh kawan-kawan kita, oleh media bahwa terjadi peningkatan signifikan tidak hanya terjadi di bulan Desember, tapi di bulan-bulan lain khususnya di mana terjadi gempa besar dan memiliki gempa susulan yang banyak maka gempa yang terjadi sangat banyak sekali. Yang pasti pada bulan Desember ini, gempa diatas 5 hanya 17 dan yang kurang dari 5 sebanyak 1.081 dan gempa yang dirasakan sepanjang Desember ini sebanyak 88 kali," tandasnya.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru