Sejarah Hari Guru Nasional, Awal Pembentukan PGRI, Berikut Penjelasannya

Hari Guru Nasional
- Kamis, 24 November 2022 17:00 WIB
Sejarah Hari Guru Nasional, Awal Pembentukan PGRI, Berikut Penjelasannya
Foto: Dok. Kemdikbud
Ilustrasi Hari Guru Nasional

Baca juga: Kunjungi SMK Negeri 6 Medan, Kapolrestabes Medan: Jauhi Narkoba dan Pergaulan Bebas
Dilansir dari okezone, hari guru bermula saat tiga bulan setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 24-25 November 1945 para guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Indonesia membentuk Kongres Guru. Kongres yang dilaksanakan di kota Surakarta itu bertujuan untuk mendukung kemerdekaan Indonesia.

Kongres tersebut menjadi tempat berkumpulnya para guru yang berjuang mempertahankan pendidikan Indonesia di tengah kondisi Indonesia yang masih terjajah. Para peserta yang tergabung di kongres itu mulai dari guru yang masih aktif mengajar, pensiunan pejuang, pegawai pendidikan, dan lainnya.

Dari kongres tersebut disepakati berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebagai wahana persatuan dan kesatuan segenap guru di seluruh Indonesia. Hanya saja, saat itu belum ada keputusan resmi dari pemerintahan terkait tanggal tersebut dipilih sebagai hari besar nasional.

Barulah hampir 5 dekade kemudian, tepatnya pada 1994 Hari Guru Nasional ditetapkan sebagai hari besar nasional sesuai dengan keputusan presiden. Berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru