Ini Sosok Joko Priyambodo, Keponakan Jokowi yang Jadi Direktur Anak Usaha Pertamina

Redaksi - Minggu, 09 Juni 2024 14:11 WIB
Ini Sosok Joko Priyambodo, Keponakan Jokowi yang Jadi Direktur Anak Usaha Pertamina
Istimewa
Joko Priyambodo, keponakan Jokowi yang jadi Direktur di PT Pertamina Patra Logistik
bulat.co.id - JAKARTA - Keponakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali jadi sorotan publik. Kali ini giliran, Joko Priyambodo, yang diketahui menjabat sebagai Direktur di anak usaha milik Pertamina.

Advertisement

Joko Priyambodo merupakan keponakan Jokowi yang juga menantu anggota Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. Anwar sendiri menikahi putri dari adik kandung Jokowi, Idayati.

Baca Juga:

Terpantau di situs resmi PT Pertamina Patra Logistik, Joko Priyambodo tercatat sebagai Direktur Pemasaran dan Operasi perusahaan. Patra Logistik sendiri merupakan anak usaha PT Pertamina Patra Niaga.

Patra Logistik bergerak di bidang usaha hilir migas yang fokus pada kegiatan penyedia jasa logistik dan support jasa logistik lainnya.

Saat ini tidak terlalu banyak informasi mengenai Joko Priyambodo. Akun LinkedIn Joko sudah dihapus dan akun resmi X Patra Logistik juga sudah digembok.

Namun Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, melalui keterangan resminya memastikan, Joko Priyambodo diangkat menjadi direktur sejak 20 Mei 2024.

Irto memastikan, pengangkatan Joko menjadi direktur sudah sesuai dengan ketentuan. Joko juga dinilai memiliki riwayat bagus di Pertamina.

"Selama bekerja di Pertamina, yang bersangkutan juga menunjukkan kinerja yang cemerlang dan pernah beberapa kali mendapat penghargaan dari perusahaan sehingga masuk dalam list Top Talent Management Pertamina Group," tutur Irto.

Tercatat, Joko bergabung di Pertamina sejak 2016 dan sudah menempati beberapa posisi penting, yakni:

Stakeholder Relations Management PT Pertamina (Persero)

Board of Director Office PT Pertamina (Persero)

Sales Branch Manager Yogyakarta

Sales Area Manager Banten

Di bidang logistik memiliki pengalaman di PT Pertamina International Shipping.

Sebelum Joko Priyambodo, nama Bagaskara Ikhlasulla Arif sudah menjadi sorotan masyarakat. Bagaskara yang berstatus sebagai keponakan Presiden Jokowi ini mendapat jabatan sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso membenarkan hal tersebut. Dia juga menyebut Bagaskara sudah bekerja di Pertamina sejak tahun 2021.

"Benar per Maret 2024. Masuk Pertamina tahun 2021 melalui jalur profesional," kata Fadjar, Kamis (6/6/2024).

Meski Bagaskara merupakan keponakan Jokowi, Fadjar memastikan perekrutannya melalui jalur profesional dan Pertamina mempertimbangkan semata-mata berdasarkan kompetensinya.

"Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensinya," kata Fadjar.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru