2 Bulan Hilang Usai Liburan, Denpom Terbitkan Surat DPO Anggota TNI Enrekang

Redaksi - Jumat, 24 Mei 2024 18:18 WIB
2 Bulan Hilang Usai Liburan, Denpom Terbitkan Surat DPO Anggota TNI Enrekang
Istimewa
bulat.co.id - ENREKANG | Komandan Kodim (Dandim) 1419/Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel) Letkol Inf Augustiar Adinegoro angkat bicara mengenai salah satu personelnya bernama Praka Khairul Amru (30) yang dikabarkan hilang secara misterius selama dua bulan. Praka Khairul pun saat ini masuk daftar pencarian orang (DPO) oleh Denpom XIV/I Bone.

"Bukan menghilang secara misterius, tapi dia meninggalkan unit dan satuannya atau desersi," kata Letkol Inf Augustiar Adinegoro, Jumat (24/5/2024).

Advertisement

Augustiar mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan penyelidikan dan mencari keberadaan Praka Khairul ke tempat yang pernah dikunjungi, namun keberadaannya belum juga ditemukan. Sehingga kata dia, pihaknya menyerahkan kasus tersebut ke Detasemen Polisi Militer (Denpom) XIV/1 Bone untuk melakukan pencarian.

Baca Juga:

"Kami sudah melaksanakan penyelidikan, mencari keberadaan Praka Khairul ke tempat-tempat yang pernah didatangi, berkoordinasi dengan pihak keluarga dan mencari ke rumah sakit dan Puskesmas yang berada di wilayah rute perjalanan Enrekang dan Parepare, namun belum ditemukan informasi terkait keberadaan Praka Khairul. Makanya kami serahkan kasusnya ke Denpom Bone," ungkapnya.

Dia mengutarakan, kasus meninggalkan satuan tanpa izin atau desersi tersebut membuat Denpom XIV/I Bone mengeluarkan surat DPO kepada Praka Khairul. Dia menduga, Praka Khairul melakukan tindak pidana militer yaitu desersi karena memiliki permasalahan pribadi.

"Denpom XIV/I Bone memasukkan Praka Khairul sebagai DPO dan pasti akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Kemungkinan dia melakukan itu karena memiliki masalah pribadi dan tidak melaporkan ke atasannya," ucapnya.

Augustiar menambahkan, selama bertugas di Kodim 1419/Enrekang Praka Khairul dikenal dengan prajurit yang disiplin dan rajin beribadah. Meski begitu kata dia, Praka Khairul memang memiliki sifat yang pendiam dan tertutup.

"Selama ini kami kenal dia prajurit yang disiplin dan rajin beribadah. Tapi memang yang bersangkutan mempunyai kepribadian yang selalu tertutup," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Praka Khairul dikabarkan hilang secara misterius pada Minggu (17/3). Terakhir kali Praka Khairul menghubungi pihak keluarga saat izin pergi liburan di Kota Parepare.

"Sudah 2 bulan lebih adik saya hilang misterius, tidak ada kabar sampai sekarang. Sempat ibu saya menelpon, ditanyakan kabarnya dan dia bilang akan pulang besok hari Minggu ke Enrekang. Setelah itu sudah hilang kontak, tidak bisa dihubungi, kami cek di Kodim juga ternyata tidak ada di sana," kata kakak Praka Khairul, Nurhabibah, Jumat (24/5/24).

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru