Profil dan Biodata Rizal Ramli, Eks Aktivis Mahasiswa dan Ekonom Senior Asal Sumbar yang Penuh Kontroversi

Hadi Iswanto - Selasa, 02 Januari 2024 21:19 WIB
Profil dan Biodata Rizal Ramli, Eks Aktivis Mahasiswa dan Ekonom Senior Asal Sumbar yang Penuh Kontroversi
Rizal Ramli penuh kontroversi

bulat.co.id -Kabar duka datang dunia politik dan ekonomi tanah air.Rizal Ramli,tokoh yang belakangan kerap mengkritik pemerintah dan sarat dengan kontroversi, meninggal dunia pada Rabu (2/1/2024) pukul 19.30 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM.

Advertisement

Rizal Ramli wafat di usia 69 tahun.Tokoh asal Sumatera Barat (Sumbar) ini meninggalkan tiga orang anak dan dua orang cucu.

Baca Juga:

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 10 Desember 1954. Ia adalah seorang mantan

tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia.

Rizal Ramli pernah menduduki beberapa jabatan penting di pemerintahan. Di antaranya Kepala Bulog, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di era Presiden Abdurahman Wahid alias Gus Dur.

Rizal pernah ditawari oleh Soeharto untuk menjadi menteri di Kabinet Pembangunan VII serta pernah ditawari oleh Gus Dur untuk menjadi Ketua Badan Pemeriksa Keuangan serta Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, namun semuanya ditolaknya. Barulah ketika Gus Dur memintanya menjadi Kepala Badan Urusan Logistik, ia menerima.

Ia lalu dipindah menjadi Menteri Keuangan. Dia juga pernah menjadi komisaris utama pada BUMN, di antaranya di PT. Semen Gresik dan BNI.

Di era Presiden Joko Widodo, Rizal Ramli pernah dipercaya menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Ia menggantikan Indroyono Soesilo sejak 12 Agustus 2015.

Namun setelah itu ia justru kerap mengkritik pemerintahan Jokowi. Ia kerap menempatkan diri sebagai oposisi, meski bukan pelaku politik praktis.

Di tingkat internasional, Rizal pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.

Kontroversi Rizal Ramli

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru