KPU Umumkan Hasil Tes Kesehatan 3 Paslon Capres Cawapres

Hadi Iswanto - Jumat, 27 Oktober 2023 16:58 WIB
KPU Umumkan Hasil Tes Kesehatan 3 Paslon Capres Cawapres
bulat.co.id -Hasil tes kesehatan tiga pasang calon (Paslon) Capres Cawapres secara umum disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari.

Hasyim menjelaskan, pemeriksaan terhadap paslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang dilakukan pada Sabtu (21/10/2023) menunjukkan bahwa keduanya dinyatakan mampu menjalani tugas sebagai presiden dan wakil presiden jika terpilih.

Advertisement

"Kedua, mereka juga bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Baca Juga:

Kemudian, Hasyim juga mengungkapkan hasil pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Keduanya menjalani pemeriksaan pada Minggu (22/10/2023).

"Disimpulkan bahwa (Ganjar-Mahfud) dinyatakan mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Kemudian juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," ungkap Hasyim.

Adapun pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjalani pemeriksaan pada Kamis (26/10/2023) di RSPAD Gatot Soebroto. Hasilnya juga sama.

"Pemeriksaan terhadap pasangan ini (Prabowo-Gibran) dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," tutur Hasyim.

Kondisi ketiga pasangan calon tersebut juga dikonfirmasi oleh Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya usai menyampaikan hasil pemeriksaan kepada KPU.

"Masing-masing memiliki hasil pemeriksaan yang tidak ada kendala berkaitan dengan kesehatan rohani dan jasmani, juga tidak didapatkan penyalahgunaan narkoba," tandas Budi.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru