HBA Ke 63, Jokowi Ingatkan APH Tidak Permainkan Hukum

- Sabtu, 22 Juli 2023 13:34 WIB
HBA Ke 63, Jokowi Ingatkan APH Tidak Permainkan Hukum
internet
Puncak Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 63 berlangsung serentak di kabupaten/kota, Sabtu (22/7). Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada jaksa dan aparat penegak hukum (APH) lainnya untuk tidak mempermainkan hukum.

bulat.co.id -JAKARTA | Puncak Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 63 berlangsung serentak di kabupaten/kota, Sabtu (22/7). Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada jaksa dan aparat penegak hukum (APH) lainnya untuk tidak mempermainkan hukum.

Advertisement

Jokowi menegaskan, aparat Kejaksaan harus bersih dan akuntabel dalam melayani kepentingan rakyat dan negara. "Jangan ada lagi aparat Kejaksaan, meskipun saya tahu ini oknum, yang mempermainkan hukum," kata Jokowi saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-63, di Badan Diklat Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7/2023).

Jokowi meminta tidak ada lagi aparat Kejaksaan yang mempermainkan hukum dengan menitip rekanan proyek, hingga menitipkan barang impor dalam skema yang ilegal. Pesan ini tidak hanya berlaku untuk aparat Kejaksaan, tetapi juga untuk aparat lembaga negara lainnya.

Baca Juga:

Baca Juga :

"Yang permainkan hukum, yang menitip rekanan proyek, yang menitip barang impor dan berbagai tindakan tidak terpuji lainnya, meskipun saya tahu ini oknum. Pesan saya ini juga bukan hanya untuk kejaksaan, tetapi untuk semua aparat penegak hukum kita, termasuk Polri, KPK, pengawas auditor, baik di tingkat pusat maupun daerah," tegasnya.

Diungkapkan Jokowi, saat ini tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan RI telah meningkat. Mengutip hasil survei salah satu lembaga, Jokowi mengatakan 81,2% masyarakat Indonesia percaya terhadap kinerja Kejaksaan. Hasil ini meningkat dibandingkan Agustus 2022 yang sebesar 75,3%.


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru