Jelang HPN 2023, Pemprov Sumut dan PWI Adakan FGD Bahas Demokrasi Pers

- Jumat, 09 Desember 2022 16:20 WIB
Jelang HPN 2023, Pemprov Sumut dan PWI Adakan FGD Bahas Demokrasi Pers
Istimewa
Plt Kepala Diskominfo Provsu, Ilyas S Sitorus menghadiri FGD di Ballroom Hotel Santika Dyandra Jalan Kapten Maulana Lubis Kota Medan, Kamis (8/12/2022).
bulat.co.id - Jelang Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Kota Medan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengadakan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pers yang bermartabat, demokratis, dan berdaulat, sesuai dengan tema HPN 2023.

Menurut Ketua PWI Atal S Depari, demi mewujudkan hal tersebut, ada enam poin yang wajib diperhatikan pers nasional pada saat ini. Pertama, kesejahteraan dan ketentraman insan pers. Kedua, peningkatan profesionalitas. Ketiga, kewajiban lembaga pers membina kualitas insan pers. Keempat, self-regulasi dan self-control. Kelima independensi, dan keenam konsolidasi dan konvergensi.

Baca Juga:Pemko Siantar Bersama Forkopimda Bersihkan Stadion Sangnaualuh

"Keenam poin ini harus kita utamakan dan harus terwujud untuk menciptakan pers yang berkualitas, profesional," kata Atal S Depari saat FGD di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7, Medan, Kamis (12/8/2022).

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas S Sitorus mengatakan pesatnya perkembangan saat ini memaksa semua orang untuk ikut di dalamnya, termasuk pers. Oleh sebab itu, pers terus berkembang dan menjawab tantangan yang ada saat ini.

"Perubahan saat ini cepat sekali, kalau kita tidak mengikuti perubahan tersebut, tentu kita akan tertinggal atau ditinggalkan. Terutama pers sebagai lembaga yang bertugas menyebarluaskan informasi, mudah-mudahan melalui HP 2023 pers kita semakin maju dan lebih baik lagi," kata Ilyas Sitorus.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru