Ini 5 Provinsi Positif Narkoba Tertinggi di Indonesia, Termasuk Sumut?

Redaksi - Jumat, 19 Januari 2024 11:00 WIB
Ini 5 Provinsi Positif Narkoba Tertinggi di Indonesia, Termasuk Sumut?
Istimewa
bulat.co.id - MEDAN | Kasus narkoba semakin marak terjadi di Indonesia. Bahkan, pengguna narkoba ini tidak memandang usia dan golongan. Bukan masyarakat biasa saja, oknum aparat penegak hukum juga pernah terlibat penyalahgunaan narkoba.Pemerintah pun terus berupaya dalam memerangi maraknya peredaran narkoba. Berbagai langkah pun telah dilakukan untuk mengatasi masalah narkoba.

Advertisement
Di Indonesia, ada lima provinsi yang dinilai tinggi angka penggunaan narkoba. Dari lima provinsi ini, apakah Sumut termasuk didalamnya?

Baca Juga:
Mengutip Indonesia Drug Report tahun 2022 yang dikutip dari laman resmi BNN RI, berikut lima provinsi dengan positif narkoba tertinggi di Indonesia. Adapun pengungkapan indeks ini diambil berdasarkan penelitian yang melibatkan sejumlah sampel yang diambil oleh BNN dan dites kemudian urinenya.

1. Jawa Timur

Di peringkat kelima dari 5 provinsi positif narkoba tertinggi di Indonesia ada Jawa Timur. Tercatat ada 12.966 orang yang dites urine dalam pemeriksaan ini.

Dari sampel itu, ternyata ada 46 orang yang kemudian dinyatakan positif narkotika.

2. Sulawesi Tenggara

Di posisi keempat ada Sulawesi Tenggara. Provinsi ini melibatkan 6.417 orang untuk dites urine. Hasil pemeriksaan menyebutkan 47 orang positif narkotika.

3. Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan dinyatakan sebagai provinsi ketiga di Indonesia dengan indeks positif narkotika tertinggi karena menyumbang hasil sampel penelitian sebanyak 121 orang positif narkotika. Adapun peserta yang terlibat dari pengecekan tes urine ini sebanyak 10.554 orang.

4. Aceh

Melibatkan jumlah sampel sebanyak 11.794 orang. Dari pengecekan urine ternyata ada 206 orang yang terbukti positif narkotika. Hal itu membuat Aceh menempati peringkat kedua sebagai provinsi positif narkotika di Indonesia.

5. Sumatera Utara

Di peringkat pertama adalah Sumatera Utara. Dari data BNN, terdapat 26.755 orang yang diikutkan untuk dites urine. Alhasil, ada 237 orang yang dinyatakan positif narkotika.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru