Kadisdik Madina Minta Uang ke Peserta Seleksi PPPK, Totalnya Capai Ratusan Juta

Redaksi - Rabu, 17 Januari 2024 13:30 WIB
Kadisdik Madina Minta Uang ke Peserta Seleksi PPPK, Totalnya Capai Ratusan Juta
Istimewa
bulat.co.id - MEDAN | Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Dollar Hafriyanto Siregar meminta sejumlah uang ke peserta seleksi PPPK.Tidak tanggung-tanggung, total uang yang diminta Dollar itu cukup fantastis, hingga mencapai Rp 580 juta.

Advertisement
"Hasil pemeriksaan awal itu ada sekitar Rp 580 juta yang diminta dari para peserta," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Rabu (17/1/24).

Baca Juga:
Hadi belum memerinci berapa jumlah peserta yang dimintai uang oleh Dollar. Dia mengatakan hal itu masih dalam proses pengembangan.

"Itu jumlahnya masih dilakukan pengembangan," jelasnya.

Mantan Wadirlantas Polda Kalimantan Tengah itu mengatakan ada sekitar Rp 64 juta uang tunai yang diamankan dari Dollar atas kasus tersebut.

"Yang diamankan uang tunainya hanya Rp 64 juta kalau tidak salah," ujar Hadi.

Sebelumnya diberitakan, Dollar ditangkap karena meminta uang ke peserta seleksi PPPK di Madina. Pengungkapan itu berawal dari pengaduan masyarakat. Setelah menerima aduan, pihak kepolisian menyelidikinya hingga akhirnya mengamankan Dollar.

Setelah hampir sepekan menangkap Dollar, pihak kepolisian menetapkan Dollar sebagai tersangka. Penetapan tersangka itu dilakukan pada Kamis (11/1/24).

"Hasil gelar perkara, penyidik Tipikor Ditreskrimsus menetapkan DHS sebagai tersangka," kata Hadi, Jumat (12/1/24).

Usai berstatus sebagai tersangka, penyidik menahan Dollar atas kasus tersebut. Atas perbuatannya, Dollar dijerat Pasal 12 Huruf E Jo Pasal 11 UU RI nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru