Jelang Idul Adha, 3.000 Hewan Kurban di Madina Diperiksa

Redaksi - Rabu, 21 Juni 2023 12:52 WIB
Jelang Idul Adha, 3.000 Hewan Kurban di Madina Diperiksa


"Target pemeriksaan hewan kurban yang siap jual di tingkat pedagang, lapak penjualan hewan kurban dan pengecekan daging setelah disembelih. Kita juga melihat usia hewan kurban agar sesuai dengan syari'at islam, serta memberikan obat dan vitamin," ucapya.

Menurut Siar, permintaan hewan kurban untuk tahun ini akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal itu dinilai dari kondisi masyarakat di berbagai daerah yang semakin giat bergotong-royong melaksanakan kurban.

Sementara Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Madina, dr Asrul menyampaikan, pemeriksaan hewan ternak itu memfokuskan pemeriksaan kesehatan ternak, cek vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK). Jika hewan tersebut dinyatakan sehat dan sudah sesuai dengan syariat islam, ternak akan dipasangi eartag.

Dia menyatakan, setidaknya ada 3.000 lebih hewan kurban yang akan diperiksa kesehatannya jelang hari raya Idul Adha tahun ini. Untuk memberikan jaminan keamanan dan kesehatan hewan kurban, pihaknya juga mengintensifkan pengawasan hewan ternak dari luar Madina di perbatasan pintu-pintu masuk.

Bagi warga yang hendak membeli hewan kurban, ia mengimbau agar memperhatikan kesehatan hewan yang dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan kewan (SKKH) yang dikeluarkan Dinas Pertanian. (dhan/ant)

Advertisement

Baca Juga:


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru