Proyek Jalan Program Kotaku di Lingkungan I Kayujati Madina Dibiarkan Rusak

- Selasa, 09 Mei 2023 13:31 WIB
Proyek Jalan Program Kotaku di Lingkungan I Kayujati Madina Dibiarkan Rusak
bulat.co.id/Hasmar Lubis
Jalan rusak di Panyabungan, Madina.

bulat.co.id - Jalan di lingkungan I, Kelurahan Kayujati, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), tepatnya di seberang Sungai Aek Mata Julu, alami kerusakan pasca tiga bulan selesai dibangun.

Advertisement

Bahkan, jalan tersebut masih terlihat rusak dan tidak diperbaiki hingga hari ini, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga:

"Seperti yang kita lihat, jalan ini seingat saya dibangun bulan 11 tahun 2022 kemaren. Kemudian sebagian jalan ini susah ambalas pada Februari kemarin dan sampai saat ini dibiarkan rusak. Meski kayaknya jalan ini rusak akibat banjir, tapi kita duga itu campuran pasir dan semennya atau timbunannya ada yang kurang makanya kondisinya sudah rusak. Sebelumnya dek penahan air aman-aman saja meski air membesar. Setelah jalan setapak ini dibangun, dek penahan itu pun ikut roboh maka patut dicurigai pekerjaan jalan ini asal jadi," tutur salah seorang warga yang kerap melitas dari jalan tersebut, Ahmad, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga: Arus Balik Seusai Lebaran, Pemudik Masih Padati Sejumlah Loket di Madina

Ahmad pun meminta agar pemerintah bisa melihat kondisi jalan yang rusak tersebut. Dia mengatakan akses jalan sangat penting karena sering dilalui warga.

"Kalau kita berharap jalan ini dilihat oleh pemerintah dan segera diperbaiki yang rusak karena sangat penting untuk masyarakat disini," ucapnya.

Dari pantauan wartawan, tertulis jalan merupakan proyek infrastruktur berbasis masyarakat melaui program Kotaku (Kota Tampa Kumuh) yang bersumber dana dari APBN tahun anggaran 2022. Namun sayangnya tidak dicantumkan besaran anggaran, panjang, dan lebar jalan.

Sementara Lurah Kayujati Rahmad Hidayat mengatakan dalam proses pengerjaannya ia tidak dilibatkan dan berkoodinasi dengan pemerintah kelurahan. Akan tetapi setelah diketahui jalan itu ada yang rusak pihaknya sudah menghubungi pihak kontraktor untuk diperbaiki. Namun, belum ada respon.

"Kita dari kelurahan tidak ada dilibatkan untuk pengerjaan jalan program Kotaku. Setelah ada laporan dari warga bahwa jalan itu ada yang amblas, pihak kita sudah melaporkan dan belum juga ditanggapi, " katanya saat ditemui di kantornya.

Dia juga mengaku sudah berkoordinasi dengan kecamatan agar segera memperbaiki jalan.

"Kalau untuk langkah kelurahan saat ini masih tahap koordinasi dengan kacamatan agar segara dapat tertangani jalan setapak yang ambalas tersebut, sehingga tidak bertambah lebar. Semoga saja Pemda nanti bisa membantu kita agar jalan itu segera diperbaiki," imbuhnya.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru