SMK Negeri 1 Madina Buka PPDB, Utamakan Jurusan Multimedia dan Bisnis Retail 

Reza - Kamis, 16 Mei 2024 12:05 WIB
SMK Negeri 1 Madina Buka PPDB, Utamakan Jurusan Multimedia dan Bisnis Retail 
Istimewa
bulat.co.id - MADINA | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mandailing buka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2024-2025. Jadwal PPDB ini dibagi dalam empat jalur. Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Madina, Mahyuddin Lubis kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis (16/5/2024).

PPDB ini dibuka mulai tanggal 15 Mei hingga 26 Mei 2024. Adapun untuk jalur zonasi, dimulai tanggal 3 Juni hingga 8 Juni 2024. Untuk tahap I, SMK Negeri 1 Madina dibagi tiga jalur, yaitu jalur afirmasi dan jalur prestasi. Serta jalur perpindahan.

Advertisement

Menurut Mahyuddin, tahun ini SMK Negeri 1 Madina menerima 180 peserta didik baru untuk semua jurusan. Dia pun menjelaskan saat ini, di sekolah yang dipimpinnya memiliki beberapa jurusan baru yang merupakan andalan.

Baca Juga:

"Untuk tahun ini, jurusan bisnis retail menjadi salah satu jurusan favorit peserta didik. Mungkin karena jurusan ini baru dan memiliki nama yang unik," ungkap Mahyuddin.

Dia mengatakan jurusan bisnis retail ini, peserta didik diajarkan untuk mengetahui dasar-dasar bisnis retail. Sehingga untuk lokasi kerja lapangannya dilaksanakan di lokasi-lokasi bisnis retail seperti Indomaret dan Alfamart.

"Jurusan ini mengajarkan peserta didik untuk paham tentang bisnis dan marketing. Serta diharapkan kedepannya peserta didik bisa menjadi bagian dari bisnis retail yang menjamur di Indonesia saat ini," jelasnya.

Selain jurusan bisnis retail, di SMK Negeri 1 Madina ada juga jurusan multimedia. Jurusan ini merupakan jurusan baru yang dibuka di SMK NEGERI 1 Madina. Di jurusan multimedia ini, peserta didik diajarkan untuk mengetahui cara-cara pembuatan film, dan animasi.

"Peserta didik untuk jurusan multimedia ini cukup banyak peminatnya. Baru sekitar 4 tahun memang jurusan ini dibuka, tapi cukup banyak peminatnya," ucapnya.

Kedepannya, Mahyuddin berharap peserta didik dari SMK Negeri 1 Madina bisa menjadi wakil-wakil Madina untuk berkompetisi di tingkat provinsi maupun nasional. Bahkan, saat ini ada satu perwakilan dari SMK Negeri 1 Madina yang mewakili Madina dalam lomba ketangkasan di tingkat provinsi untuk jurusan Teknik Jaringan dan Komunikasi (TJK).

"Alhamdulillah tahun ini, satu wakil SMK Negeri 1 kita mewakili Madina untuk berkompetisi di tingkat provinsi. Semoga tahun depan dan seterusnya semakin banyak peserta didik dari SMK Negeri 1 Madina yang bisa mengharumkan nama Madina baik di tingkat provinsi maupun nasional," jelasnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru