Blunder KLHK, Lepasliarkan Harimau Malah Terkam 2 Warga di Langkat

Hadi Iswanto - Senin, 18 Maret 2024 21:00 WIB
Blunder KLHK, Lepasliarkan Harimau Malah Terkam 2 Warga di Langkat
ist
Harimau Sumatera yang baru saja dilepasliarkan akhirnya ditangkap kembali usai menerkam 2 warga Langkat
bulat.co.id - Kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk melepasliarkan Harimau Sumatera ternyata berbuah petaka. Harimau itu menerkam dua warga di Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat saat berada di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Dua warga yang diterkam harimau bernama Jerimia Perdana Ginting dan Muhammad Ikhwan Sembiring. Keduanya diterkam di waktu berbeda.

Advertisement

"Jeremia diterkam saat berada di wilayah TNGL dan mendapati luka di bagian leher. Sedangkan Ikhwan diterkam di luar wilayah TNGL tapi di ladang warga. Lukanya di bagian paha. Keduanya menjalani perobatan di RS Putri Bidadari Stabat sampai saat ini," kata Camat Sei Lepan, Muhammad Iqbal, Senin (18/3/2024).

Baca Juga:

Dijelaskannya, Jeremia warga Desa Harapan Maju, diterkam harimau pada Senin (11/3) sekitar pukul 17.30 WIB. Sedangkan Ikhwan, warga Desa Mekar Makmur diterkam harimau pada Kamis (14/3) petang.

Harimau yang menyerang dua warga itu baru dilepasliarkan KLHK pada Rabu (6/3).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, hari itu KLHK melepasliarkan dua harimau ke kawasan TNGL Resort Sei Betung SPTN Wilayah VI Besitang, Bidang PTN Wilayah III Stabat, Langkat, Sumatera Utara.

Harimau itu akhirnya ditangkap lagi setelah peristiwa yang menimpa dua warga.

"Kami tahunya dari rantai leher harimau itu. Nah, makanya harimau itu sudah ditangkap lagi pada Sabtu (16/3) sore. Katanya harimau itu dibawa ke BKSDA," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang warga Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) diterkam harimau saat sedang memanen cabai. Korban mengalami sejumlah luka di tubuhnya.

Kasi Humas Polres Langkat AKP Rajendra Kusuma mengatakan peristiwa itu terjadi di Dusun V Aman Damai, Desa Harapan Maju, Kecamatan Sei Lepan, kemarin sekitar pukul 17.30 WIB. Adapun korban adalah seorang pria bernama Jerimia Perdana Ginting (25).

"Memang benar ada peristiwa petani bernama Jerimia Perdana diserang binatang liar jenis Harimau Sumatera pada saat sedang memanen cabai," kata Rajendra, Selasa (12/3).

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru