Antisipasi Kelangkaan Sembako Jelang Nataru, Satgas Pangan Polres Labuhanbatu Laksanakan Sidak Pasar

Ucok Sitorus - Jumat, 15 Desember 2023 17:49 WIB
Antisipasi Kelangkaan Sembako Jelang Nataru, Satgas Pangan Polres Labuhanbatu Laksanakan Sidak Pasar
Istimewa
bulat.co.id -LABUHANBATU | Satgas Pangan Satreskrim Polres Labuhanbatu menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar diwilayahnya, yang meliputi Pasar Glugur Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu dan Pasar Aek Kanopan I, Kab. Labuhanbatu Utara Kab. Labuhanbatu Utara, pada Jumat (15/12/23).

Adapun sidak pasar tersebut dipimpin oleh IPTU Jhonson Fransiskus Simorangkir STrK SH MH selaku Kanit Ekonomi Satreskrim Polres Labuhanbatu.

Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu SIK SH MH MIK melalui Kasat Reskrim AKP Madya Yustadi SIK menyebutkan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dan menghindari kenaikan harga yang tidak wajar menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Lebih lanjut, Madya menjelaskan, bahwa dilaksanakan sidak pasar ini juga bertujuan untuk memantau ketersediaan bahan pokok, terutama sembako yang menjadi kebutuhan utama masyarakat menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Hasil dari sidak Satgas Pangan Polres Labuhanbatu menunjukkan beberapa harga sembako masih relatif stabil dan ada juga beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga namun masih dalam batas wajar dan tidak signifikan.

AKP Madya juga menambahkan bahwa Kenaikan harga yang terjadi seperti cabai dikarenakan faktor curah hujan yang tinggi, sehingga mengakibat produksi panen cabai banyak yang gagal.

"Mengakibatkan terjadinya kenaikkan terhadap sembako tersebut namun masih dalam batasan yang wajar," ujarnya.

Namun demikian, sambung AKP Madya, pihaknya menjamin bahwa stok ketersediaan bahan pokok lainnya masih mencukupi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kepada Masyarakat yang mengetahui adanya pelaku penimbunan bahan pokok, diharapkan segera melaporkannya kepada pihak berwajib. Hal ini menjadi langkah preventif guna menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan pokok di wilayah Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu utara," pungkas AKP Madya.

Advertisement
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru