Untuk Anda Perokok, Berikut 7 Makanan Pembersih Paru-paru

- Minggu, 13 November 2022 21:10 WIB
Untuk Anda Perokok, Berikut 7 Makanan Pembersih Paru-paru
Untuk Anda Perokok, Berikut 7 Makanan Pembersih Paru-paru - (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

bulat.co.id - Bagi para perokok aktif, kesehatan paru-paru wajib menjadi sorotan. Di samping gaya hidup sehat, ternyata ada makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kebersihan paru-paru anda.

Advertisement

Dikutip dari Medical News Today, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. Sementara 1 dari setiap 5 orang di Amerika Serikat, meninggal karena rokok.

Baca Juga:

Sudah pasti, tidak mengkonsumsi rokok adalah cara paling utama untuk menjaga kesehatan paru-paru. Namun tidak ada salahnya mencoba sejumlah makanan untuk membersihkan paru-paru, berikut makanannya melansir detik:

1. Madu

Madu mengandung antibakteri yang dapat membantu mngurangi masalah pernapasan. Madu dapat membersihkan saluran pernapasan dan menjaga kesehatan paru-paru. Selain membersihkan paru-paru, madu juga bermanfaat untuk membantu meredakan batuk pilek.

2. Tomat

Tomat diperkaya likopen yang dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Mengonsumsi tomat dapat membantu memperbaiki peradangan saluran pernapasan, menurukan risiko kematian akibat penyakit paru-paru kronis, serta meningkatkan fungsi paru-paru. Tomat juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita asma atau seseorang yang pernah merokok.

3. Gandum Utuh

Gandum utuh seperti beras merah, roti gandum, pasta gandum, oat, quinoa, dan barley sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Tidak hanya makanan gandum yang tinggi serat, makanan yang memiliki kualitas antioksidan dan anti-inflamasi, tetapi juga penuh dengan vitamin E, selenium, dan asam lemak esensial, juga baik untuk kesehatan paru-paru.

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Antioksidan juga dapat mrmbantu melindungi jaringan paru-paru dari efek menghirup asap.

Sebuah studi 2018 terhadap lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum teh hijau sama sekali.

5. Kunyit

Kunyit dipercaya mampu mengurangi peradangan pada paru-paru. Senyawa aktif pada kunyit mampu mrmbersihkan paru-paru secara alami. Kunyit juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan detoksifikasi.

6. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, yakni senyawa sebagai antibiotik yang dapat membantu menyembuhkan infeksi paru-paru. Bawang putih dapat meredakan penyumbatan serta sesak napas, serta asma. Tak hanya itu, bawang putih juga mampu mengurangi risiko peradangan dan kanker paru-paru.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, pakcoy, kangkung, dan lainnya dipercaya mampu menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Satu studi menemukan bahwa sayuran hijau sangat baik untuk paru-paru karena kandungan karotenoid yang tinggi, yang merupakan antioksidan.

(Red)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru