Rekonstruksi Pembakaran Rumah Wartawan Berlangsung Enam Jam, dan 57 Adegan Diperagakan

Dede Basyri Hasibuan - Sabtu, 20 Juli 2024 14:00 WIB
Rekonstruksi Pembakaran Rumah  Wartawan Berlangsung Enam Jam, dan 57 Adegan Diperagakan
Istimewa : Tiga tersangka dihadirkan saat berlangsungnya rekonstruksi pembakaran rumah wartawan, yang menewaskan empat orang.
bulat.co.id -KARO I Rekonstruksi pembakaran rumah wartawan, menyebabkan empat nyawa melayang, digelar Poldasu pada Jumat (19/7/24) berlangsung selam enam jam, 57 adegan diperagakan ketiga tersangka di dua lokasi berbeda.

Advertisement
Gelar rekonstruksi pembakaran rumah menyebabkan Rico Sempurna Pasaribu (46) meninggal dunia bersama, istri, anak, dan cucu dipimpin Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan, rekonstruksi digelar mulai jam 14.00 hingga 20.00 WIB berjalan dengan baik dan lancar

Baca Juga:
"Ada 57 adegan rekonstruksi yang diperankan oleh ketiga tersangka," katanya usai rekonstruksi di lokasi kejadian.

Kombes Pol Hadi mengungkapkan, tiga tersangka bersama 15 lebih saksi, serta peran pengganti turut dihadirkan selama proses nya reka ulang.

"Rekonstruksi yang gelar berdasarkan pasal 24 ayat 3 Perkap 9 tahun 2019. Bahwa dalam hal menguji proses persesuaian para saksi, atau tersangka sehingga penyidik maupun penyidik pembantu melakukan rekonstruksi," regas Kombes Pol Hadi.

Hadi mengungkapkan, dalam perkara pembakaran rumah, yang menewaskan empat orang tersebut telah ditangkap tiga tersangka, Bebas Ginting alias Bulang, Rudi Sembiring, dan Yunus Syahputra alias Selawang.

"Rekonstruksi digelar saat ini, salah satu teknik dalam metode pemeriksaan, yang dilakukan penyidik dalam proses penyidikan tindak pidana. Dengan cara memperagakan kembali, bagaimana cara tersangka melakukan tindak pidana, atau pengetahuan saksi, yang tujuannya agar penyidik mendapatkan gambaran secara jelas," kata mantan Kapolres Biak Papua.

Sebanyak 100 personel gabungan dikerahkan dalam pengaman rekonstruksi tersebut. Mulai dari Reskrim, Humas, Labfor, Inafis serta Kejaksaan Negari Karo, lanjut dikatakan Hadi, pihaknya ber terimakasih kepada masyarakat Tanah Karo atas dukungan dalam menjaga ketertiban, dan keamanan bersama.

"Terimakasih kepada masyarakat Karo yang dengan tertib menyaksikan seluruh rangkaian rekonstruksi ini. Alhamdulilah, seluruh rangkaian rekonstruksi, yang digelar mulai siang hingga malam hari berjalan dengan baik. Tentunya hasil rekonstruksi ini tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan, dan dibawa ke Pengadilan Negeri," pungkasnya.

Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru