Ditemukan 2 Planet Miliki Kandungan Air, Ilmuwan Dalami Untuk Layak Huni

- Selasa, 20 Desember 2022 20:00 WIB
Ditemukan 2 Planet Miliki Kandungan Air, Ilmuwan Dalami Untuk Layak Huni
Foto: Nasa
Exoplanet
bulat.co.id - Para ilmuwan luar angkasa exoplanet berhasil menemukan dua planet yang memiliki kandungan air seperti Bumi.

Dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA dan Teleskop Luar Angkasa Spitzer yang sudah pensiun, para ilmuwan tersebut berhasil mengidentifikasi dua planet ekstrasurya yang tampaknya tenggelam dalam air yang merupakan salah satu penopang kehidupan.

Berada di sistem bintang sekitar 218 tahun cahaya, planet biru bernama Kepler-138 c dan Kepler-138 d ini mengorbit bintang kerdil merah yang redup.

Dikutip CNET via detikINET, Kepler-138 c dan Kepler-138 d berukuran sekitar satu setengah kali Bumi dan memiliki massa kira-kira dua kali lebih besar dari planet kita.

"Kami sebelumnya berpikir bahwa planet yang sedikit lebih besar dari Bumi adalah planet yang berisi logam atau bongkahan batu raksasa, seperti versi Bumi yang diperbesar, dan itulah mengapa kami menyebutnya super Earth (Bumi super)," kata Björn Benneke, profesor di University of Montreal dan salah satu penulis makalah ini.

Editor