Bawa Misi Perdamaian di Mindanao, HWPL Putar Film Dokumenter 'Great Legacy' di Filipina

Pemutaran film dokumenter perdamaian 'great legacy' di Mindanao
- Kamis, 01 Desember 2022 09:36 WIB
Bawa Misi Perdamaian di Mindanao, HWPL Putar Film Dokumenter 'Great Legacy' di Filipina
Foto: Istimewa
Bawa Misi Perdamaian di Mindanao, HWPL Putar Film Dokumenter 'Great Legacy' di Filipina
Baca juga: Jepang Kecam Peluncuran Rudal Balistik Oleh Korea Utara

Kesepakatan ini telah menjadi titik awal HWPL dalam meningkatkan kesadaran publik tentang perdamaian, bukan hanya di Mindanao tetapi di seluruh Filipina, berdasarkan prinsip-prinsip universal akan saling pengertian, saling menghormati, dan harmoni. Inisiatif-inisiatif perdamaian HWPL meliputi pemberlakuan undang-undang hukum untuk perdamaian, dialog antar agama, pendidikan perdamaian, dan pemberdayaan pemuda dan wanita, yang telah membawa para pemimpin di berbagai negara untuk mendukung perdamaian di Mindanao.

Di dalam film tersebut, Martin Lee Hojian, mantan ketua Komisi Hak-hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, memuji HWPL yang dipimpin oleh Ketua Lee, dan masyarakat Filipina yang memiliki semangat kuat untuk perdamaian. Juga, Nabil Tirmage, manajer program Organisasi Pengembangan Penyiaran Asia Pasifik, mengatakan bahwa perjanjian perdamaian sipil pada tahun 2014 adalah "kasus yang luar biasa dari realisasi perdamaian yang dunia harus pelajari".

"Konflik di Mindanao telah menjadi variabel utama tidak hanya di Asia Tenggara tetapi juga situasi global. Pembentukan perdamaian di Mindanao merupakan tugas global dan memerlukan intervensi konstruktif dari masyarakat internasional. Secara khusus, itu akan mungkin dipahami melalui film dokumenter ini bahwa upaya-upaya di sektor swasta, seperti HWPL di Mindanao, adalah landasan bagi perdamaian untuk menetap," kata seorang pejabat HWPL.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru